streatwear indonesia

Masih Ingatkah Kita Dengan Makna Tut Wuri Handayani?

02 May 2017

 

Orang Indonesia mana sih yang nggak tau sama Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan kita? Beliau merupakan tokoh penggiat pendidikan yang selalu menanamkan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan biar anak-anak nggak takut untuk kembali ke sekolah.


Image: http://assets-a2.kompasiana.com

Nah, ngomongin Ki Hajar Dewantara dan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini, 2 Mei, pasti pada tau juga dong sama semboyannya yang paling populer, Tut Wuri Handayani yang merupakan salah satu dari tiga prinsip filosofi kepemimpinan yang diajarin sama beliau?

“Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani,”

Secara keseluruhan, semboyan ini menanamkan sifat kepemimpinan yang saling bersinergi antara ngasih contoh, dan memperhatikan. Nah, prinsip ini ditujukan pada guru selaku seseorang yang memimpin siswanya.

Ing ngarso sung tulodo

Artinya di depan ngasih contoh. Maksudnya, orang tua ngasih teladan atau contoh yang baik buat anak-anaknya. Di kalimat ini, Ki Hajar mau mengingatkan kalau anak-anak selalu belajar dari apa yang dicontohkan di depan.


Image: http://www2.jawapos.com

Ing madyo mangun karso

Artinya di tengah membangun. Madyo artinya tengah. Maksudnya disini adalah semua yang terlibat, sama-sama membangun dengan saling memberi ide, semangat, dan dukungan. Bisa orang tua, guru, dan anak-anak, semua saling membangun dan mendukung agar suasana belajar menjadi kondusif.


Image: https://1.bp.blogspot.com

Tut wuri handayani

Artinya di belakang memberi dukungan. Maksudnya, siapa aja yang berada di “belakang”, ikut mendorong terwujudnya pendidikan yang baik. Nggak jadi penghalang, tapi memberi motivasi.


Image: http://salmanitb.com

Sampai sekarang, filosofi Tut Wuri Handayani yang diajarin sama Ki Hajar Dewantara ini masih terus dipegang sebagai dasar pendidikan. Semoga prinsip ini terus diterapkan ya, Guys. Biar dunia pendidikan Indonesia makin bagus dan bagus lagi, dan anak-anak bisa mendapat pendidikan yang layak!

SHARE & COMMENT