Meme, Hiburan Millennial Zaman Sekarang

05 May 2017

 

Anak muda zaman sekarang (tsaaahh...baper dikit langsung dibikin meme-nya. Ada fenomena apa, langsung ada meme-nya. Sebenernya meme itu apa sih?

Meme (bacanya mim lho ya, jangan meme) emang menghibur. Lagi bete, liat meme, langsung ketawa. Lagi bosan, liat foto lucu, bikin meme-nya, jadi viral. Ya begitulah meme. Sumber keceriaan dan bahan canda tawa.

Nggak cuma dinikmati, meme ini juga jadi “senjata” para kaum millennial lho! Senjata bukan yang menyakitkan lho ya, makanya dikasih air bunny (tanda petik). Buat yang mengambil sisi positif, meme ini kerap dijadiin “senjata” buat nyindir temen, “senjata” buat kode-kode, senjata buat yang lain-lain deh, intinya menghibur juga. 


Bener juga sih...

Image: https://pbs.twimg.com

Sebenernya apa sih meme itu? Secara harfiah, meme merupakan ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Bisa cuplikan gambar dari acara televisi, film, atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan nambah-nambahin kata-kata atau tulisan-tulisan buat tujuan lucu dan menghibur.


Buat temen yang suka, “eh fotoin dong fotoin dong!”

Image: https://scontent.cdninstagram.com

Awalnya jujur aja, Damn! tau meme ya dari situs 9gag.com dan lama kelamaan seiring perkembangan arus informasi dan kemajuan teknologi, meme merambah ke Indonesia dan jadi hiburan khas yang bisa dilakukan dan dinikmati semua orang.


Image: http://3.bp.blogspot.com

Munculnya meme

Meme muncul buat menilik realitas sisi liar manusia. Istilah ini dimunculkan sama Richard Dawkins, seorang penulis Inggris dalam karyanya di tahun 1976 yang berjudul The Selfish Genes. Jadi meme ini adalah konsep mengenai budaya manusia yang berkaitan sama gen biologis. Orang-orang menggandrungi meme karena gambar berteks nyeleneh tersebut bisa memenuhi sisi “nakal” manusia. Ditambah adanya media sosial, makin-makin deh meme disenangi.

Perjuangan membentuk alis simetris

Image: http://www.memecomicindonesia.net

Meme ini berpijak pada manusia yang (emang) gemar menertawakan sesuatu dan memelesetkan segala sesuatu yang aktual dan akurat dengan kehidupan digitalisasi manusia. Bahan tertawaan tersebut berkisar pada isu-isu terkini yang lagi diomongin di masyarakat.


Buat yang suka bikin makanannya dingin demi nge-post di sosmed

Image: http://pbs.twimg.com

Eits, tapi meme jangan diartikan sebagai pesan ya Guys, melainkan sebagai bahan hiburan aja.


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

SHARE & COMMENT