damniloveindonesia
damniloveindonesia
Fakta dan Sejarah Hari Lahir Pancasila
31 May 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Tahun 2016 lalu, Presiden kita, Joko Widodo menetapkan Hari Lahir Pancasila yang mana jatuh pada setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. Nah, tahun 2017 ini merupakan tanggal merah pertama peringatan Hari Lahir Pancasila. Eits, tapi Pop Patriotics pada tau nggak sih apa atau sejarahnya Hari Lahir Pancasila itu sendiri? Jangan tau liburnya doang...


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Jadiii... Lahirnya Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Presiden Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945. Nah, di hari Presiden Soekarno pidato inilah, konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini awalnya disampaikan oleh Presiden Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan Lahirnya Pancasila oleh mantan Ketua BPUPK, Dr. Radjiman Wedyodiningrat.


Image: https://cdns.klimg.com

“Bila kita pelajari dan selidiki sungguh-sungguh “Lahirnya Pancasila” ini, akan ternyata bahwa ini adalah salah satu Demokratisch Beginsel, suatu Beginsel yang menjadi dasar Negara kita, yang menjadi Rechtsideologie Negara kita; suatu Beginsel yang telah meresap dan berurat-berakar dalam jiwa Bung Karno, dan yang telah keluar dari jiwanya secara spontan, meskipun sidang ada dibawah penilikan yang keras dari Pemerintah Balatentara Jepang. Memang jiwa yang berhasrat merdeka, tak mungkin dikekang-kekang! Selama Fascisme Jepang berkuasa dinegeri kita, Demokratisch Idee tersebut tak pernah dilepaskan oleh Bung Karno, selalu dipegangnya teguh-teguh dan senantiasa dicarikannya jalan untuk mewujudkannya. Mudah-mudahan “Lahirnya Pancasila” ini dapat dijadikan pedoman oleh nusa dan bangsa kita seluruhnya dalam usaha memperjuangkan dan menyempurnakan Kemerdekaan Negara.”

Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 ini mendekati Pancasila secara rasional, yaitu secara logis dan keyakinan kita. Pidato ini berisi referensi konseptual atas Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara, tentu perlu didekati dengan kesadaran yang rasional tadi, secara logis dan sebagai keyakinan kita bernegara.

Mengapa dasar negara itu penting? Karena negara merupakan sistem yang terdiri dari komponen-komponen politis, sosiologis, dan ekonomis, yang mana intergrasinya atas dasar kepentingan rasional yang acuannya pada nilai bersama. Maka dari itu, harus ada kepercayaan dimana kehidupan bernegara dan berbangsa yang tentram dan damai, bisa diraih dengan menetapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Image: http://redaksiindonesia.com

Kalau dasar negara itu tadi penting, ya makanya kenapa Pancasila itu juga penting. Penting banget malah! That’s why penetapan Hari Lahir Pancasila ini tepat banget. Apalagi kalau diliat dari tujuannya yang untuk mengukuhkan lagi semangat Pancasila dalam jati diri bangsa.


Image: https://img.okezone.com

Yaaaa... Setiap bangsa perlu punya momen-momen yang dapat dimaknai buat menumbuhkan kesadaran atas identitas dan solidaritas bangsa. Jangan sampai kita lupa, bagaimana perjuangan para pahlawan kita, yang berkorban dan mati-matian memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Misalnya ya kayak peringatan Hari Lahir Pancasila yang penting banget, buat ngingetin kita lagi, dasar negara kita. Jangan sampai, ada kepentingan lain atau orang lain yang berusaha memecah belah kita. Kita nggak mau dong, hal itu sampai terjadi? Makanya, yuk, maknai Hari Lahirnya Pancasila ini, dengan semangat ‘Saya Pancasila’Eits, masih inget juga dong sila-silanya?


Image: http://possore.com



COMMENT


10 Pekerjaan Ini Bisa Bikin Kamu Keliling Dunia ❮ Prev Article
Ternyata, Indonesia Juga Punya Wonder Woman Lho! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Male Slank Love Indon...
IDR IDR 275.000
Sticker Sign Green Medium...
IDR IDR 30.000
Tee Semangat 45 White Mal...
IDR IDR 250.000
Pin Wayangan Gunungan Bro...
IDR IDR 25.000