streatwear indonesia

5 Salah Paham Orang Indonesia ke Orang Asing

28 Jan 2016

 

Beda budaya beda juga adat-istiadatnya. Hal-hal yang selama ini kita pandang baik belum tentu orang lain menganggapnya baik juga. Ini masih sama –sama orang Indonesia lho. Gimana lagi dengan orang asing yang datang ke Indonesia? 

Gegar budaya pasti ada. Apalagi selama ini ada pandangan atau pemahaman yang belum tentu benar mengenai keberadaan orang asing yang berkunjung ke Indonesia. Apa aja itu? Ini dia nih, Pop Patriotics…

1. Menyapa Bukan Berarti Ramah Juga Kalee

Memang sih orang Indonesia terkenal dengan keramahannya tapi kadang buat para wisatawan asing, apalagi ternyata yang sudah tinggal lama di Indonesia, bakal jenuh dengan panggilan ataupun sapaan, “Hi how are you, Sir?” atau apapun itu. Sesekali sih, nggak masalah tapi kalau empat tahun di Indonesia disapa begitu terus setiap hari, bosan juga keuleus.


image:yafi20.blogspot.com

2. Ada yang Nggak Suka Lho Dipanggil Bule

Tahukah kamu kalau bule dalam arti sebenarnya adalah albino. Di Solo sendiri ada istilah kebo bule yang memang disebut begitu karena warna kulitnya yang albino. Anyway,  walaupun pada akhirnya ada perluasan makna dimana kata bule dimaksudkan merujuk pada orang-orang asing ataupun di luar Indonesia tetap saja buat sebagian mereka penyebutan bule lebih ke sarkasme, rasis dan merendahkan.  


image: lensaindonesia.com

3. Penggemar Kulit Eksotis
Kita sering mendengar orang asing lebih tertarik dengan kita karena kulit kita yang eksotis. Jadi, kalau mau mencari pasangan memang enakan dengan orang asing yang memang senang dengan penampilan fisik kita yang unik dan “Indonesia” banget ini.  The truth is soal hati dan selera terlalu subjektif. Karena ada juga orang asing yang menikah perempuan Indonesia berkulit putih. So, kalau dibilang orang asing senangnya sama orang-orang Indonesia berkulit eksotis nggak sepenuhnya benar lho!

image: brilio.net

4. Tajir Beud!
Nggak semuanya juga kalee orang asing itu tajir. Nilai mata uang mereka memang lebih tinggi dibanding kita. Itu yang bikin mereka bisa terkesan foya-foya ketika travelling ke Indonesia. Sebenarnya juga kebanyakan mereka kalau jalan-jalan juga ala backpacker dan untuk travelling menabung dulu. Yah, kurang lebih seperti kita-kita jugalah kalau mau jalan-jalan sebelumnya kan harus nyimpan uang.

image: letsescape.me 

5. Mereka Memang Beneran Jatuh Cinta dengan Kebudayaan Kita Lho..
Mungkin selama ini kita menganggap orang asing terlalu melebih-lebihkan kebudayaan kita. Well, sebenarnya makes sense sih mereka euphoria dengan Indonesia. Bayangkan saja Indonesia terlalu heterogen. Misalnya nih, di Pulau Jawa saja terdiri dari bermacam suku berbeda, padahal satu lokasi. Jawa Tengah berbeda dengan Jawa Timur, Jawa Barat dan Jakarta. Wajar kan, kalau mereka yang cenderung homogen excited dengan keragaman yang kita miliki?


image: asliindonesia.net
SHARE & COMMENT