Nyamm... Sajian Berbuka Puasa Khas Daerah di Nusantara

13 Jun 2017

 

Satu hal yang nggak bakal bosen-bosennya Damn! omongin terus, yaitu negara kita ini kayaaa banget sama wisata kulinernya. Apalagi bulan Ramadhan kayak sekarang-sekarang ini, ada beberapa sajian tradisional yang kita tunggu-tunggu, salah satunya buat berbuka puasa. Kali ini, Damn! mau ngajak Pop Patriotics buat keliling-keliling nih nyari makanan khas berbuka puasa di daerah-daerah Tanah Air. Hmmm... Daerah kamu ada nggak nih, Pop Patriotics? Cari tau di sini ya!

Image: http://masirul.com

1. Sate Susu

Lucu ya namanya, Pop Patriotics? Nah sate ini merupakan sajian yang selalu dinanti-nantikan selama bulan puasa oleh masyarakat Bali. Sate yang terbuat dari bagian susu sapi ini dibumbui bumbu khas Bali yang bikin rasanya gurih-gurih lembut. Buat Pop Patriotics yang mau nyobain, bisa ke pasar-pasar kaget yang biasanya banyak banget pas bulan puasa.


Image: http://img.ulinulin.com

2. Jojongkong

Dari Bali, kita ke Lampung yuk. Di Lampung, menu takjil ini nggak pernah absen lho. Rasa dan teksturnya mirip-mirip bubur sumsum gitu, gurih-gurih manis perpaduan santan dan gula merah.


Image: https://2.bp.blogspot.com

3. Bubur Kampiun

Ada yang tau ini makanan khas daerah mana? Yup! Minangkabau! Bubur kampiun atau yang biasa disebut bubur campur ini punya isian yang cukup lengkap. Cita rasanya manis, karena perpaduan dari bubur sumsum, kolak ubi dan pisang, candil, bubur delima, dan ketan hitam. Komplit banget ‘kan?


Image: https://bayuwinata.files.wordpress.com

4. Mie Glosor

Kalau tadi yang manis-manis, sekarang ke sajian yang asin, yuk. Warga Bogor pasti nggak heran deh sama sajian takjil satu ini. Mie ini terbuat dari mie kuning yang dimasak sama kol yang dipotong kecil-kecil terus saosnya itu sambel kacang yang pedes. Biasanya dimakan sama gorengan bakwan atau tempe.


Image: https://img-global.cpcdn.com

5. Pakat

Dari Bogor, kita Medan. Ada sajian yang merupakan kuliner tradisi khas masyarakat Tapanuli, namanya pakat. Makanan ini berasal dari rotan muda yang dibakar, terus dibumbui pake santan. Biasanya pakat ini jadi menu takjil sebelum menyantap makanan berat.


Image: http://www.merahputih.com

6. Kicak

Nah, warga Yogyakarta mah tau banget sama menu satu ini: kicak. Makanan yang biasanya populer di bulan Ramadhan ini bisa kamu temui di daerah Kauman. Kicak ini dibuat dari beras ketan yang dibentuk kayak gemblong, rasanya manis dan wanginya itu lho..... Sedaaappp...


Image: http://resepdanmasakan.com

7. Bongko Kopyor

Kalau ini nih sajian buka puasa khas kota Gresik. Yang bikin menarik bukan cuma rasanya tapi juga tampilannya yang meriah. Bongko kopyor ini terbuat dari tepung terigu dan isiannya ada daging kelapa muda, pisang, nangka, dan roti tawar. Nyaaamm...


Image: http://resepasik.com

8. Ketan Bintul

Buat yang tinggal di daerah Banten, pasti tau deh sama sajian satu ini. Ketan bertabur serundeng ini jadi menu wajib juga lho! Tenang... Walaupun rasanya sedikit pedes, tapi tetep bisa dinikmati kok buat buka puasa.


Image: https://3.bp.blogspot.com

Itu tadi Guys, 8 sajian khas Indonesia untuk berbuka puasa. Favorit kalian yang mana nih? Damn! sih suka semuanya deh! Hehehe... Oh iya, share juga ya sajian takjil khas daerah kamu apa!

SHARE & COMMENT