damniloveindonesia
damniloveindonesia
Rahasia Saung Udjo Lestarikan Kesenian Musik Daerah Jawa Barat
05 Nov 2015
Posted By Damn! I Love Indonesia
 

We guaranteed this for sure: "nggak peduli kalian suka atau nggak sama angklung, dijamin kalian pasti suka main ke Saung Angklung Udjo (SAU)!" Why? Coz' it's hyped, undeniably cool (proven by the so many foreigners keep visiting the place), dan yang paling penting, bikin ANGKLUNG terus hidup! How? Jawabannya bisa kalian temukan dengan terus baca artikel ini.

Pertama-tama yang perlu dipahami, berbicara tentang angklung adalah berbicara tentang salah satu musik tradisional dari daerah Tatar Sunda yang intinya: PUNYA INDONESIA! It's generally made from bamboo, dan dimainkan dengan digoyang-goyangkan. How sexy is that? ;) Dan seperti kebanyakan musik tradisional Indonesia, angklung semakin tenggelam seiring modernisasi alat musik lainnya, but then appears this hero who comes to the rescue. Namanya adalah Udjo Ngalalena (alm), dia mendirikan SAU bersama istrinya Uum Sumiati di tahun 1966. 




SAU sendiri dibangun untuk melestarikan kebudayaan dan keseniaan Sunda. Adapun penjelasan dari websitenya www.angklung-udjo.co.id, adalah berikut ini:

"Saung Angklung Udjo (SAU) is one–stop cultural workshop, consists of: performance venue, bamboo handicraft centre, 
and bamboo nstrument workshop.Apart from that, SAU has an honorable function as an educational laboratory and training centre 
to preserve the Sundanese culture – Angklung in particular."

*

*

*

Lokasi SAU ada di Jl. Padasuka 118, Bandung 40192, Jawa Barat. A little tips, sebelum datang ada baiknya telepon dahulu ke nomor ini +62 22 727 1714 atau +62 22 710 1736 untuk memastikan acara yang akan ditampilkan, dan reservasi tempat dahulu (even though it's open for public, it's very popular). 




Acara yang ditampilkan di SAU biasanya disusun dalam run down yang sudah diinformasikan via leaflet yang diberikan saat masuk. Acaranya biasanya terdiri dari pertunjukan wayang, tari, dan yang paling serunya (menurut kita) adalah memainkan angklung bersama-sama dengan diarahkan oleh sang "maestro" angklung. Ini sebuah kebersamaan yang sangat indah, guysYou'd enjoy it muchAnd we believe, this is the secret! SAU menyatukan perbedaan dari semua yang hadir di sana, mengajak semuanya untuk saling mengenal dan menikmati indahnya kedamaian lewat musik angklung. Yup, itu rahasianya, SAU menghadirkan tempat orang bisa merasa kalau dunia itu nyaman banget meski banyak perselisihan dan pertengkaran, who doesn't want that? Di sini kita diajarkan bahwa untuk menciptakan harmoni yang indah, meskipun setiap orang memegang "angklung" dengan nada berbeda, saat dimainkan dengan saling memahami perbedaan yang ada, kita bersama-sama bisa menciptakan keajaiban. This is why we're sharing the story to all of youExactly why we want you to visit the place, SAU melakukan lebih dari sekedar melestarikan kebudayaan Sunda.




Menurut kita, SAU melestarikan rasa saling menghargai dan mencintai satu sama lain meski kita memang terlahir tidak sama. Di salah satu sesi acaranya, kita diajak untuk memainkan lagu Heal The World-nya Michael Jackson bersama-sama dengan Angklung di setiap tangan para pengunjung. It happens! Penasaran gimana ini bisa terjadi? Find out yourself, visit it soon, Pop Patriotics!



COMMENT


Cerita Dongeng Indonesia yang Lebih Romantis dari Drama Korea Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Yellow Mediu...
IDR IDR 30.000
Sticker Sign Black Medium...
IDR IDR 30.000
Hoodie Damn! Signature Ma...
IDR IDR 349.000
Tee Sign Foil Rosegold Bl...
IDR IDR 220.000