Sejarah Nasi Goreng di Indonesia

28 Jul 2017

 

Di hari Jumat, 28 Juli yang cerah ini, pas Damn! lagi main-main nongkrongin Twitter, eh liat ada Nasi Goreng yang jadi salah satu Trending Topic di Indonesia. Hmm... Penasaran, Damn! klik dong, kenapa Nasi Goreng bisa jadi Trending Topic.


Ternyata eh ternyata, lagi pada ngomongin Nasi Goreng berlanjut dari pertemuan dua tokoh penting di Indonesia, Pak SBY dan Pak Prabowo yang abis ngadain pertemuan di Cikeas, dimana keduanya memesan Nasi Goreng sebagai santapan malam mereka. Pak SBY pesen nasi goreng pedas, sementara Pak Prabowo pesen yang pedesnya sedang.  Kayak yang Damn! kutip dari Detik.com nih.


Image: https://www.ngopibareng.id

Tapiiiii... Di sini Damn! nggak mau ngebahas soal pertemuan mereka ya, Damn! jadi punya ide buat ngebahas sejarah Nasi Goreng di Indonesia. Udah pada tau belom? Kalau belom, monggo dibacaaa...


Image: http://zonamama.com/

Kalau menurut sejarah, nasi adalah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, yang udah ada sejak 4000 SM. Kemudian nasi goreng diciptain sama perantau-perantau Tionghoa yang kala itu ke Asia Tenggara. Mereka menciptakan nasi goreng khas lokal yang dasarnya ada di perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Sebenernya nasi goreng sendiri muncul karena ada sifat di kebudayaan Tionghoa dimana mereka nggak suka makan makanan yang dingin dan juga nggak ngebuang sisa makanan. Makanya, kalau ada nasi yang dingin, digoreng kembali buat menjadi sajian. Ada banyak macam resep nasi goreng, tapi tetep unsur utamanya: nasi, minyak goreng, dan kecap manis.


Image: http://sidomi.com

Walaupun masih kurang jelas kapan tepatnya nasi goreng ini sampai ke Indonesia, tapi bisa dibilang masuknya makanan dari masyarakat Tionghoa ini bermula dari era Kerajaan Sriwijaya pas abad ke-10 dan mulai intensif pas era Kerajaan Majapahit pas abad ke-15. Saat itu, imigran dari Tiongkok mulai menetap di Nusantara dan membawa juga budaya dan masakan mereka.

Jadi deh diadopsi sama masyarakat Indonesia dan di twist dari segi bumbu dan isiannya yang khas Nusantara. Kayak ada Nasi Goreng Ikan Asin, Nasi Goreng Pete, Nasi Goreng Rendang, Nasi Goreng Kencur ala Pasundan, Nasi Goreng Jawa, sampai Nasi Goreng Cakalang.


Image: https://cdns.klimg.com/

Di Indonesia sendiri, nasi goreng bisa dibilang makanan yang super populer dan bisa dinikmati semua kalangan. Dijualnya juga ada yang mulai dari tek-tek gerobakan, restoran di mall-mall, sampai di restoran fine dining bintang lima. 


Image: http://2.bp.blogspot.com

Bahkan, situs berita internasional CNN, di tahun 2011 dalam surveynya menobatkan nasi goreng sebagai makanan terlezat nomor dua di dunia. Di Indonesia, pesona nasi goreng mah nggak bakal habis deh! Selain mudah, murah, nikmaaaat! Nasi goreng favorit Pop Patriotics apa nih?

SHARE & COMMENT