damniloveindonesia

Ini Tahapan (Dan Pantangan) Buat Jadi Paskibraka Nasional


15 Aug 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Siapa sih yang nggak tau tentang Paskibraka? Itu lho, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang tugas utamanya ngibarin duplikat bendera pusaka di upacara peringatan proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dimana sepasang putra-putri terbaik Indonesia dipilih dari setiap provinsi dengan seleksi super ketat di daerahnya. Biasanya nih... Abis liat pasukan yang di Istana Negara, langsung deh muda-mudi jadi ikutan kepengen ambil bagian di upacara tersebut. Ya 'kan? Damn! aja begitu kok! Hihihi...


Image: https://img.okezone.com

Tapi Guys, jadi seorang Paskibaraka nasional (apalagi yang di Istana Negara) itu nggak gampang lho. Ada rangkaian seleksi dan karantina yang sangat ketat sebelum kalian bisa "tampil" pas upacara kemerdekaan pas tanggal 17 Agustus. Mulai dari seleksi jadi perwakilan sekolah, dimana yang kepilih itu anak-anak yang udah duduk di bangku kelas 2 SMA, yang udah aktif ikut kegiatan Paskibra di sekolah. Setelah terpilih jadi wakil sekolah, ikut lagi seleksi antar sekolah di tingkat Kabupaten, baru deh kalau lolos seleksi, ikut lagi seleksi tahap Provinsi. Dari Provinsi, diseleksi lagi, dari satu kabupaten bisa dipilih empat orang buat ikut seleksi nasional.

Walaupun tahapannya begitu panjang, Pop Patriotics nggak perlu cemas dulu nggak bisa jadi Paskibraka. Berikut Damn! punya beberapa informasi gimana sih biar kepilih jadi Paskibraka dan apa aja pantangan-pantangan yang harus Pop Patriotics lalui. Kali aja buat upacara mendatang, Pop Patriotics yang kepilih! Here we go!

Tahapan Seleksi

1. Bakal ada seleksi pengetahuan umum dan tentunya kemampuan baris-berbaris. Biasanya nih, orang yang bisa lolos seleksi adalah yang gerakan baris-berbarisnya patah-patah.


Image: http://assets.kompas.com

2. Seleksi kesehatan. Tahap ini tentu penting! Ya sama sih kayak tes kesehatan biasa. Usahain pas ngukur tekanan darah, kalian serileks mungkin ya. Nggak mau dong tensinya naik gara-gara grogi? Hehehe...

3. Selain seorang Paskibraka dituntut punya kesehatan fisik yang sempurna, postur tubuh juga diseleksi (dan harus sempurna juga lho). Postur tubuh bisa diketahui dari surat hasil pemeriksaan kesehatan, yang mana disertain hasil computed tomography atau CT Scan. Kalau keliatan dikiiiit aja ada yang nggak memenuhi kriteria, Pop Patriotics bisa aja nggak lolos seleksi. Misalnya, kaki yang berbentuk O atau X.


Image: http://korem082.mil.id

4. Lagi-lagi nggak cuma kesehatan fisik aja nih yang diseleksi, tapi juga tes kebohongan! Caranya dengan seleksi wawancara, dimana di tahap ini Pop Patriotics harus bisa ngejawab dengan cepat dan berani menatap kuisioner. Pokoknya di tahap ini Pop Patriotics harus jawab sejujur-jujurnya, karena kalo boong mereka yang ngetes bisa tau dari lensa mata Pop Patriotics. Hmmmmm....


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

5. Kalau di poin pertama tadi ada seleksi baris-berbaris, sekarang seleksi fisik! Pastikan Pop Patriotics latihan fisik dulu ya, kayak push-up, lari 12 menit, dan sit-up.

6. Setelah berhasil melewati rangkaian tersebut, Pop Patriotics bakal latihan baris-berbaris selama beberapa waktu (yang tujuannya melatih kedisplinan juga). Setelah itu, Pop Patriotics bakal melakukan seleksi psikotes, buat mengetahui apakah Pop Patriotics bisa menghadapi tekanan selama latihan dan karantina.

Pantangan

Setelah melewati tahapan seleksi buat jadi Calon Paskibraka, Pop Patriotics harus melewati masa pelatihan dan karantina. Dan pastinya, ada pantangan yang nggak boleh Pop Patriotics lakukan. Berikut pantangan-pantangannya. Jeng jeng!

1. Nggak boleh memakai alat komunikasi handphone.

Wah, kira-kira bisa nggak nih, Pop Patriotics? Ya harus bisa dong! Soalnya penggunaan HP ini takutnya bisa ngeganggu konsentrasi para peserta, makanya disimpan sama pelatih. Bukannya nggak boleh pakai sama sekali kok. Ada waktu-waktu tertentu dimana HP dikembalikan sementara biar mereka bisa ngabarin orang tua (atau pacar :P) selama mereka dikarantina.

2. Asupan gizi

Pihak pelatih super hati-hati dalam memberi asupan makanan buat para peserta Paskibraka. Mereka nggak dianjurin buat makan makanan yang terlalu pedas, dingin, dan manis. Alesannya ya buat menjaga kondisi kesehatan mereka. Para peserta juga dikasih suplemen buat meningkatkan daya tahan tubuh.


Nah, kira-kira begitu deh Guys tahapan-tahapan dan pantangan yang harus kalian lalui sebelum akhirnya bisa mengibarkan bendera pusaka pas upacara kemerdekaan. Hmm... Bacanya sih nggak terlalu sulit ya, pas ngejalaninnya itu lho! Hehehe... Tapi tetep harus semangat dong, kayak temen-temen kita, Pasukan Merah Putih yang udah ready banget nih buat 17 Agustus mendatang! Semangat dan good luck ya Guys!



COMMENT


Mau Jadi Presiden RI? Berikut 30 Syaratnya! ❮ Prev Article
Lakuin 5 Hal Ini di Hari Kemerdekaan Indonesia! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Hoodie Male Glow In The D...
IDR IDR 349.000
Tee Sign Red HD Black Fem...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Damn! Blue H...
IDR IDR 35.000
Tee Signature White HD Re...
IDR IDR 220.000