damniloveindonesia
damniloveindonesia
Wiihhh Sebanyak 12.262 Penari Saman Memecahkan Rekor MURI!
22 Aug 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia
 

Di #BulanKemerdekaan ini, lagi-lagi berita membanggakan dateng dari dunia seni kita, Pop Patriotics! Pasalnya nih, pas tanggal 13 Agustus kemarin, sebanyak 12.262 penari Tari Saman berhasil memecahkan rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia di Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.


Image: http://assets.kompas.com

Sebelumnya, di tahun 2014, Pemerintah Gayo Lues udah mecahin rekor dengan pagelaran Tari Saman yang diikuti sama 5.057 peserta. Wahhh… Tahun ini double ya!


Image: http://lintasgayo.co

Kalau tahun ini, penyelanggaraan Saman 1001 Penari sebagai salah satu upaya dan komitmen Pemerintah Kabupaten Gayo Lues barengan Pemerintah Aceh dalam rangka melestarikan, memelihara, dan mempromosikan Tari Saman sebagai identitas daerah, dan buat ningkatin rasa cinta anak bangsa terhadap Tari Saman yang udah mendunia!


Image: http://iloveaceh.org

Selain itu, pagelaran ini juga bisa menggugah masyarakat khususnya para anak muda di Aceh biar selalu inget sama Syech Saman yang selalu bersemangat membangun daerah menuju cita-cita anak bangsa dan udah mengharumkan nama bangsa lewat karya terbaik, kayak gerakan Saman yang dinamis dan enerjik!

Pop Patriotics pasti tau dong kalo Tari Saman itu butuh konsentrasi yang super tinggi. Pop Patriotics mesti punya ketahanan fisik yang sempurna, kecepatan gerakan tangan, badan, dan kepala yang sinkron barengan sama anggota penari yang lain. Nggak cuma cepat tapi juga harus tepat! Makanya salut banget banget deh sama para penari Saman ini.


Image: https://transportinjakarta.files.wordpress.com

Oh iya Pop Patriotics tau nggak sih, di tahun 2011 juga, Pemerintah Gayo Lues mendapat Penghargaan Budaya Tak Benda dari UNESCO buat Tari Saman! Tuh, dengan diberinya penghargaan dari UNESCO, bikin Tari Saman nggak cuma warisan dari Indonesia, Guys, tapi udah warisan dunia, makanya mesti dijaga dan tentu dilestarikan dengan baik. Setuju nggak? Yuk, rame-rame kita lestarikan warisan budaya, salah satunya Tari Saman!


Image: http://lintasgayo.co



COMMENT


Lakuin 5 Hal Ini di Hari Kemerdekaan Indonesia! ❮ Prev Article
Ini Nih Jumlah Pulau di Indonesia Yang Sebenarnya! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Sansakerta ...
IDR IDR 230.000
Sticker Sign Damn! Navy H...
IDR IDR 35.000
Sticker Sign Damn! Green ...
IDR IDR 35.000
Sticker Sign Damn! Black ...
IDR IDR 35.000