Jauhkan Diri Dari Teroris dengan Kenali Gerakan Radikalisme

14 May 2018

 

Kejadian pengeboman 3 gereja di Surabaya, 1 kamar rusunawa di Sidoarjo dan di Polrestabes Surabaya  pagi ini, 14 Mei 2018 nggak berhenti disiarkan di berbagai portal berita. Mau itu TV, radio, koran, maupun media sosial. Bahkan negara lain juga membahas hal keji tersebut

Masih belum hilang dalam benak kita mengenai kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, tapi terror tetap nggak berhenti. Duka Indonesia masih terus berlanjut tapi semoga tak lama.

Di beberapa headline berita yang mungkin kamu lihat di media, ada satu kata yang dikait-kaitkan dengan pelaku teror, yaitu radikalisme. Tahukah kamu kalau radikalisme ini bisa banget menjadi salah satu penyebab aksi-aksi teror yang terjadi?

Tapi, sebelumnya apa itu radikalisme? Mari cek di sini.

Menurut KBBI.web.id, radikalisme adalah paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis. Di sini kamu tentu udah kebayang, pembaharuan dengan cara kekerasan? Yep, itulah yang dilakukan sama pelaku teror ini. Mereka melakukan tindak kekerasan untuk bisa mewujudkan “pembaharuan” yang mereka inginkan.

Satu fakta mengejutkan Damn! dapat dari survey yang dilakukan oleh Badan Intelegen Negara (BIN ) tahun lalu, ada 39% mahasiswa Indonesia yang terpapar paham radikal. Bahkan ada juga survey yang dilakukan oleh Lembaga Kajian Islam dan Perdamaian (LaKip) (BBC.com). Hampir 50% pelajar di 100 sekolah di Jakarta, baik itu sekolah menengah pertama maupun atas mendukung cara-cara keras dalam menghadapi masalah moral dan konflik keagamaan.

Hal ini jadi sebuah pertanyaan dong, kenapa pemakluman terjadi atas tindak kekerasan untuk menghadapi masalah ini? Coba kita berkaca pada cara-cara yang sudah ada, apa pemakluman ini memang benar dilakukan?

Sebagai pemuda pengubah bangsa, ini jadi PR buat kita Pop Patriotics. Kenapa? Karena cara-cara tersebut bisa aja jadi penyebab pelajar-pelajar tersebut memaklumi kekerasan sebagai jalan keluar. Makanya, dengan kamu tau tentang hal ini, kamu bisa membentengi diri dari terpaan radikalisme  Pop Patriotics, karena kamu udah tau dong sekarang artinya apa dan bisa dong menghindarinya? Ya nggak J

SHARE & COMMENT