streatwear indonesia

Kenalan Yuk Dengan Dua Metode Penentu Puasa di Indonesia

16 May 2018

 

Bulan Ramadhan udah di depan mata, pemerintah mulai siap-siap buat menentukan kapan puasa bisa dimulai. Di Indonesia yang penuh keberagaman ini, ada dua metode yang digunakan untuk memastikan kapan puasa pertama dilakukan, pertama dengan cara melihat hilal, yang kedua adalah dengan merujuk dari kalender hijriah. Yuk kenalan dengan dua metode penentuan puasa ini. 

Apa itu Hilal? Hilal adalah bulan sabit pertama di bulan baru. Pemerintah Indonesia menggunakan sistem hilal sebagai penentu mulainya bulan Ramadhan. Jadi pemerintah, dalam hal ini Nahdlatul Ulama harus menunggu dari sore sampai cahaya matahari terbenam seluruhnya di ufuk barat buat melihat hilal, baru setelah itu mereka bisa menentukan kapan kita bisa berpuasa.

sumber: infoastronomy.org

Wah, gimana tuh cara ngeliatnya? Biasanya hilal dilihat dengan menggunakan teleskop, karena dengan teleskop cahaya hilal yang tipis dan redup bisa kelihatan. Tapi kita nggak bisa melihat hilal disebarang tempat Pop Patriotics!. Pantai jadi tempat yang disarankan untuk melihat hilal karena batas cakrawala di pantai tidak akan terhalang gedung atau pepohonan. 

sumber: antarafoto

Nah, untuk metode yang melihat kalender hijriah dianut oleh Muhammadiyah. Dengan menggunakan kalender Hijriah, Muhammadiyah bisa langsung menentukan kapan 1 Ramadhan karena perhitungan bulannya sudah ditetapkan. Tinggal menyesuaikannya dengan tanggal di bulan Masehi.

Walaupun ada dua, metode-metode  ini nggak ada yang salah kok karena prinsipnya mereka saling melengkapi. Jadi kalau kamu mau mengikuti waktu puasa berdasarkan hilal, silakan, mengikuti waktu kalender hijriah, monggo. Asalkan konsisten dengan pilihanmu dan bisa dipertanggungjawabkan J

s

sumber: suaraislam.net

Penggunaan kedua metode ini sama-sama sesuai dengan ketentuan agama dan keyakinan para penganutnya . Jadi, Apapun pilihan kamu, puasa tetaplah ibadah yang kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan, jadi mari bersihkan hati dan pikiran untuk menghadapi Ramadhan  ini.

sumber: smpitalkahfi.sch.id

Siapkan diri dengan menjaga kesehatan, mulai bermaaf-maafan dengan rekan-rekan dan ibadah ya. Selamat berpuasa semoga di hari pertama besok dilancarkan segala kerjaan dan ibadahnya ya Pop Patriotics! J  

SHARE & COMMENT