streatwear indonesia

Buku Favorit Presiden Indonesia Ini Bisa Jadi Pengisi Waktu Ngabuburit Kamu Lho!

17 May 2018

 

Selamat Hari Buku Pop Patriotics!

Membaca buku jadi hal yang terus dikampanyekan di Indonesia  untuk meningkatkan minat masyarakat tentang dunia literasi. Hal ini dilakukan karena tingkat literasi kita masih rendah kalau dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lain. 

Nah, sebagai pemimpin Indonesia yang tugasnya menjadi panutan, para presiden juga tentunya ikut baca buku dong. Kira-kira buku apa sih yang biasanya dibaca para pemimpin negara ini? Cek di sini yuk

1.       Joko Widodo

Presiden Indonesia periode 2014-2019 ini seneng banget baca buku, apapun dibaca oleh Pak Jokowi. Mulai dari komik sedari beliau kecil, sampai novel karya Dee Lestari “Intelegensi Embun Pagi” . Komik favorit Pak Jokowi kecil adalah Gundala Putra Petir dan cerita wayang Semar & Petruk lho. Nggak beda jauh kan sama kita-kita dulu

sumber: Trivia.id

2.       SBY

Kalau presiden ke-6 Indonesia ini suka banget membaca buku yang membahas tentang hal-hal yang positif. Buktinya, dibeberapa kesempatan lalu, SBY pernah berkata kalau beliau sedang membaca buku “Melihat Kebaikan Dalam Segala Hal”. Ada banyak makna yang bisa kamu petik dari buku ini lho buat yang mau baca ~

sumber: bukalapak.com

3.       Megawati

Satu-satunya presiden perempuan Indonesia ini walaupun hobinya bukan membaca, tapi kegiatan membaca tetap selalu dia lakukan untuk mendapatkan segala informasi. Koran dan majalah selalu dia lahap supaya tetap update dengan keadaan negaranya.

sumber: kompas.id

4.       Gus Dur

Nah, kalau presiden yang dikenal dengan gebrakannya mengenai toleransi umat beragama di Indonesia ini bacaannya banyak banget. Mulai dari buku kajian agama hingga novel karangan Ernest Hemingway! Bahkan, sampai akhir hayatnya, buku masih setia jadi teman beliau, buku terakhir yang jadi favoritnya adalah The Little Prince

sumber: outofprintclothing.com

5.       B.J Habibie

Pemimpin yang berhasil membuat pesawat sendiri untuk Indonesia ini tentu saja buku kegemarannya adalah buku-buku yang berkaitan dengan ilmu teknik dan ilmu alam. Tapi bukan itu buku yang jadi  favorit pertama beliau,  melainkan buku karangan penulis Prancis, Jules Verne yang judulnya “Mengelili Dunia Dalam 80 Hari”. Hm, jangan-jangan ini dia nih inspirasi Pak Habibie untuk membuat pesawat milik Indonesia.

sumber: mulpix

6.       Soeharto

Mirip dengan Bu Megawati, Presiden kedua Indonesia yang mendapat julukan Smiling General ini nggak memiliki bacaan favorit yang spesifik. Tapi membaca tetap dilakukan oleh Pak Harto untuk selalu mendapatkan informasi.

 

 

7.       Soekarno

Bapak Proklamator ini menjadikan kegiatan membaca adalah “pelariannya”, makanya pengetahuan Pak Soekarno bisa banyak banget dan dia juga bisa menguasai bahasa Inggris dan Belanda. Mulai dari Karl Marx hingga JJ  Rouseau dia lahap hingga melahirkan Proklamator pertama Indonesia seperti waktu itu.

sumber: http://press.uchicago.edu

Para orang nomor satu Indonesia aja sudah membaca, kita kapan? Yuk mulai baca apapun. Bisa dimulai dari hal kecil kok, sekecil info iklan-iklan yang biasanya ditempel di jalan-jalan. Membaca juga bisa banget lho jadi salah satu kegiatan kamu untuk mengisi waktu sebelum berbuka alias ngabuburit, udah dapat ilmunya, dapat juga pahalanya, apalagi kalau membaca kitab suci, hehe. Selamat berpuasa Pop Patriotics J

SHARE & COMMENT