damniloveindonesia

Ini Dia Cara Aplikasikan Pancasila di Keseharian Kamu


05 Jun 2018

Posted By Damn! I Love Indonesia

 

Selamat hari lahir Pancasila Pop Patriotics!

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia punya lima sila yang pasti selalu dikumandangkan setiap upacara sedari kita SD. Masih pada ingat ngga dengan lima sila ini? Buat yang masih ingat, selamat! Rasa nasionalisme kalian masih tinggi, buat yang harus googling dulu, nggak apa-apa ayo kita belajar lagi.


Sila pertama adalah ketuhanan yang maha esa, sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab, sila ketiga persatuan Indonesia, sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Nah, gimana? Udah ingat lagi kan? Kalau udah ingat, yuk sama-sama kita aplikasikan nilai-nilai Pancasila ini ke kehidupan sehari-hari, caranya begini nih

1.       Ketuhanan yang Maha Esa

Sila pertama ini menjelaskan tentang hubungan kita dengan Tuhan yang Maha Esa. Sebagai umatnya kita harus bisa menjalankan kewajiban kita beribadah kepada-Nya. Nah, mumpung sedang bulan Ramadhan, yuk perbanyak ibadah kepada Tuhan supaya mendapatkan pahala-Nya.


2.       Kemanusiaan yang adil dan beradab

Kalau sila kedua ini mengenai hubungan kita terhadap sesama manusia. Kita sebagai manusia memiliki hak yang berbeda, makanya harus saling menghargai. Mulai dari hak beribadah dan mendapatkan lingkungan yang aman. Makanya yuk kita saling jaga diri dan sekitar kita mulai dari sekarang J


3.       Persatuan Indonesia

Sebagai negara yang memilki berbagai macam suku dan budaya, kita harus tetap satu. Tidak ada yang bisa memisahkan kita. Seperti semboyan negara Bhineka Tunggal Ika. Dengan kita bersatu, kita bisa melawan segala bentuk perpecahan. Hm, pas banget nggak sih mengamalkan sila ini di saat-saat seperti sekarang?


4.       Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Sebagai negara yang terdiri dari berbagai suku dan budaya, tentunya Indonesia punya berbagai macam kepentingan dong. Nah, di sila ini dijelaskan pentingnya permusyawaratan dalam menentukan bagaimana cara kita mengatur kepentingan-kepentingan itu. Sehingga semua pihak yang terlibat bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan sesuai porsinya masing-masing. Intinya, berbuat adilah dalam berbagai kesempatan. Mulai dari hal kecil seperti pertamanan sosial kamu juga bisa lho.


5.       Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menyambung dari sila keempat tadi yaitu berbuat adil dalam berbagai kesempatan. Sila kelima lebih menekankan hal ini kepada kita karena sikap adil ini sangat penting di dalam kehidupan masyarakat karena kembali lagi, kita kan makhluk sosial, jadi selain ada kepentingan diri sendiri, juga ada kepentingan orang lain yang harus diperhatikan J

sumber: merdeka.com

Kelima sila ini saling menyambung menjadi satu dan itulah dasar negara Indonesia. Kalau dipisah bisa menyebabkan kekacauan. Sama seperti negeri kita yang beragam ini, kalau dipisah, wah, bisa-bisa kacau dunia persilatan. Yuk, satukan diri dan hati di peringatan bulan lahirnya Pancasila ini!



COMMENT


Sehatkan Diri Sehatkan Hati ❮ Prev Article
Ini Kebiasaan Orang Indonesia Selama Piala Dunia Berlangsung Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Bung Tomo Misty Male
IDR IDR 250.000
Sticker Signature Holo Pi...
IDR IDR 35.000
Tee Sign Junior Red HD Wh...
IDR IDR 220.000
Damn! Signature Black HD ...
IDR IDR 220.000