streatwear indonesia

Lingkungan Juga Bisa Menjaga Kita Lho Kalau Kita Lakukan Hal Ini

12 Jun 2018

 

Di bulan Ramadhan ini kita nggak cuma harus mengasihi sesama manusia, tapi juga sesama ciptaan Tuhan yaitu alam disekitar kita. Untuk memperingati bulan lingkungan hidup ini yuk kita jaga alam dengan berbagai cara ini!

1.       Buang sampah pada tempatnya

Hal ini memang sepele  tapi kadang masih sulit dilakukan oleh beberapa orang. Padahal dengan membuang sampah pada tempatnya kita bisa mencegah banjir, apalagi di kota-kota besar. Selain itu dengan membuang sampah sembarang kita bisa melatih diri untuk lebih disiplin lho ternyata.


2.       Stop penggunaan plastik

Penggunaan plastik sempat jadi isu hangat di media sosial beberapa tahun lalu. Ada yang ingat? Yep, kalau kamu pelanggan setia supermarket setiap belanja menggunakan plastik akan dikenakan biaya tambahan. Kebijakan ini ada pro kontranya pada waktu itu di masyarakat. Niat pemerintah untuk memberlakukan hal ini karena sampah plastik jadi yang paling banyak menghiasi jalan, sungai dan bahkan laut! Nggak mau dong laut kita jadi lautan plastik dan membuat punah spesies langka di sana. Yuk, mulai stop penggunaan plastik dan mulai bawa tas belanja dari rumah.


3.       Membawa minum dari rumah

Nah, ini salah satu cara juga untuk mengurangi pemakaian plastik dikehidupan kita. Kenapa? Karena dengan membawa minuman dari rumah, kita jadi nggak perlu beli minuman yang pasti menggunakan plastik sebagai wadahnya. Bayangkan, sehari berapa liter air yang kamu habiskan? Bisa-bisa dengan sehari saja kamu bisa menyumbang 3 botol plastik sebagai sampah.


4.       Menghemat pemakaian tenaga listrik

Gerakan ini mulai dikampanyekan oleh berbagai kalangan di dunia dengan mengadakan Earth Hour yang diperingati setiap bulan Maret. Apa itu Earth Hour? Gerakan ini adalah pemadaman lampu selama 1 jam penuh. Indonesia sendiri sudah berpartisipasi dalam Earth Hour sejak 10 tahun lalu! Nah, kamu udah ikut berpartisipasi belum?


5.       Gunakan kendaraan umum

Salah satu cara ampuh untuk menjaga lingkungan dan mengurangi kemacetan adalah menggunakan kendaraan umum. Dengan kita menggunakan kendaraan umum, kita bisa mengurangi polusi di kota kita. Selain itu, dengan berkurangnya jumlah kendaraan pribadi, kemacetan juga bisa berkurang. Mau dong kalau macet dan polusi berkurang di kotamu? Yuk mulai gunakan kendaraan umum.


Dari lima hal yang udah ditulis ini, apa aja nih yang udah kamu lakuin? Atau jangan-jangan belum sama sekali? Kalau belum, yuk mulai dari sekarang, kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menjaga alam Indonesia, ya kan? J

SHARE & COMMENT