damniloveindonesia

Apa Sih THR Itu? Kok Bisa Ada Setiap Lebaran?


12 Jun 2018

Posted By Damn! I Love Indonesia

 

Untuk yang sudah mendapatkan THR-nya bulan ini, selamat! Bijaklah dalam menggunakannya. Untuk yang belum, kalian jangan berkecil hati. Mari simak di sini bagaimana hak THR-mu bisa terjadi di negeri Indonesia ini. 

Dikutip dari Tirto.id  THR yang dibagikan setiap tahun kepada semua pekerja Indonesia tanpa terkecuali ini ternyata udah ada sejak tahun 1954 di era Bung Karno. Tapi awalnya THR hanya diberikan kepada PNS dengan nama Persekot Hari Raja dan harus dikembalikan lagi karena bersifat pinjaman. Untuk kaum buruh sendiri ada Hadiah Lebaran yang besarannya 1/12 dari upah bulanan.

Bisa bayangkan dengan kebutuhan lebaran yang besar para pekerja harus menerima upah dengan jumlah demikian? Hm, cukup sulit ya ternyata pada zaman itu.

Peraturan ini berlanjut selama tahun 50-an. Pada tahun 60-an barulah ada kebijakan kalau THR wajib diberikan kepada pekerja yang sekurang-kurangnya bekerja 3 bulan.

Tapi kabar baik di tahun 60-an itu pupus karena adanya surat edaran yang mengatakan bahwa pengusaha tak diwajibkan membayar THR pada 1972. Dari keputusan ini dimulailah rentetan mogok kerja oleh para buruh. Demo-demo ini mulai terjadi dari tahun 1989-1994.

Setelah demo besar-besaran dilakukan barulah pada tahun 1994 pemerintah membuat Peraturan Menteri Tenaga Kerja bagi buruh yang diatur di dalamnya hak buruh dalam menerima Tunjangan Hari Raya.

Peraturan ini berlaku hampir selama hampir 22 tahun hingga pada 2016 pemerintah kembali mengatur kebijakan mengenai THR ini. Kebijakannya berupa buruh bisa menerima THR walaupun baru bekerja selama 1 bulan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Aturan ini sudah berlaku sejak 8 Maret 2016 lho Pop Patriotics!

Buat kamu yang belum tau apa-apa mengenai THR ini, informasi di atas bisa kamu jadikan referensi untuk seluruh pertanyaan kamu. Selain itu, dengan mengetahui peraturan ini kamu bisa tahu mana hak kamu yang bisa kamu perjuangkan.

Karena kalau bukan kita yang mempertahankan hak sendiri, siapa lagi? J



COMMENT


Tak Perlu Takut Lapar Tengah Malam, Ada Resto Ini Siap Menemani Kamu ❮ Prev Article
Macet? Nyasar? Nggak Akan Deh Dengan Aplikasi Ini Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Damn! Signature Male Blac...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Damn! Turqoi...
IDR IDR 15.000
Tee Signature I Love Srby...
IDR IDR 220.000
Hoodie Rare Breed Pink
IDR IDR 399.000