damniloveindonesia

Baca Ini Deh Supaya THR-mu Nggak Cepat Habis


12 Jun 2018

Posted By Damn! I Love Indonesia

 

Selain Tunjangan Hari Raya, THR juga diartikan sebagai Tau-Tau Hangus, Raib, kamu pasti pernah mengalami hal ini kan? Supaya hal ini nggak terjadi, cek di sini yuk tipsnya.

1.       Pisahkan penggunaan THR

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan THR, pisahkan dengan uang gaji. Kenapa? Karena kalau disamakan, belum sampai lebaran, uang THR kamu akan cepat habis. Bisa saja karena nggak sengaja terpakai untuk keperluan bulanan yang harusnya menggunakan uang gaji bulanan.

Selain itu, dengan memisahkan penggunaan THR ini, kita bisa dengan mudah mengalokasikan dana yang ada untuk benar-benar kebutuhan lebaran.

2.       List kebutuhan lebaran

Menjelang lebaran, kebutuhan sehari-hari pasti jadi bertambah. Mulai dari kebutuhan untuk belanja makan, pakaian dan THR ke sanak saudara. Dengan banyaknya kebutuhan itu, penting untuk membuat list supaya nggak ada keperluan sesaat yang masuk.

Keperluan sesaat ini bisa terjadi karena adanya nafsu sesaat. Misalnya kamu lagi belanja baju di marketplace A, tiba-tiba di Marketplace B ada notifikasi sedang diskon. Hal ini dapat memicu kamu membeli juga di marketplace B padahal baru saja membayar di A. hati-hati, kecenderungan ini bisa membuat THR kamu tau-tau hangus dan raib.

3.       Beli kebutuhan mudik jauh hari

Nah, ini bisa membantu kita untuk menghemat THR. Kenapa? Karena biasanya kalau kita membeli kebutuhan mudik jauh hari seperti tiket jauh-jauh hari, harga yang didapat akan jadi lebih murah.

4.       Kontrol diri dan keluarga

Salah satu hal penting dalam mengelola THR maupun keuangan lainnya adalah kontrol diri. Yep, kontrol diri dibutuhkan untuk bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Kalau diri kamu sudah terkontrol dengan baik (baca: bisa mengatur kebutuhan dan keinginan) dijamin deh, THR atau gajimu akan tetap aman.

5.       Sisihkan untuk ibadah

Dengan kamu mengingat bahwa ada hak orang lain di THR kamu, kamu jadi segan deh membelanjakannya semua. Sedekah yang bisa kita bagikan dari THR ini bisa ke masjid-masjid, atau bahkan bisa disedekahi ke keluarga sendiri.

Belum habis dan raib kan THR kamu? kalau masih ada, yuk mulai berlatih aplikasikan tips-tips ini supaya tahun depan THR kamu ama J



COMMENT


Macet? Nyasar? Nggak Akan Deh Dengan Aplikasi Ini ❮ Prev Article
Dapatkan Body Goals-mu Setelah Lebaran Dengan Lakukan Olahraga Ini Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Pin Urban Rainbow Black S...
IDR IDR 25.000
Sticker Sign Orange Mediu...
IDR IDR 30.000
Damn! Signature Pin Korea...
IDR IDR 25.000
Tee Sign Red HD White Mal...
IDR IDR 220.000