streatwear indonesia

Mainan Tradisional Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Masa Kecil!

18 Jan 2019

 

Hari Jumat nih, Pop Patriotics! Main dulu yuk!

Di era dimana teknologi mainan semakin berkembang, anak-anak jaman now terlihat banyak sekali memainkan game seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (mungkin kalian juga pernah main PUBG?) dan semacam Fortnite atau DotA. 

Tapi kami di Damn! I Love Indonesia ingat dengan permainan masa kecil loh. Ayo kita lihat 5 permainan yang dulu mungkin kamu pernah mainin pas kecil!


Kelereng


mainan-tradisional
Gambar oleh nulis.co.id

Ada beberapa variasi dari permainan yang bisa dimainkan menggunakan kelereng. Salah satu cara yang termasuk populer adalah dengan menggambar lingkaran terlebih dahulu, kemudian setiap pemain meletakkan kelereng mereka di dalam lingkaran dan meletakkan satu kelereng diluar lingkaran. Lalu, kelereng yang ada di luar lingkaran akan disentil dengan tujuan mendorong kelereng yang ada di dalam lingkaran keluar. Pemain dengan kelereng paling jauh dari lingkaran akan maju duluan. Jika kelereng tersebut keluar, maka itu akan menjadi milik yang berhasil mengeluarkannya. 

Kalau kelereng yang disentil tadi tidak keluar lingkaran, maka kelereng yang itu menjadi salah satu yang berhak dikeluarkan dari lingkaran oleh pemain lain. Tapi jika ia berhasil kena kelereng pemain lain dan kelerengnya berada diluar lingkaran, ia boleh berusaha mengeluarkan kelereng lainnya yang ada di dalam lingkaran. Kalau dia tidak mengenai kelereng pemain lain, maka di ronde itu dia gagal.


Gasing (biasa juga disebut gangsing)


mainan-tradisionalk

Gambar oleh artikel-yunik

Cara bermainnya adalah dengan menggambar lingkaran di lantai atau tanah, lalu kedua pemain menarik gasing mereka sekencang mungkin. Permainan ini cukup sederhana, tujuannya adalah mendorong dan mengeluarkan gasing pemain lain dari lingkaran itu. Yang paling lama bertahan di dalam lingkaran adalah pemenangnya!

Biasanya gasing memiliki lobang kecil di sisinya yang akan membuat bunyi siulan yang cukup keras didengar. Gasing sendiri juga biasa ditemukan di pasar-pasar di berbagai tempat, seperti di Yogyakarta, atau Bali.


Layang-Layang


mainan-tradisional

Gambar oleh IDN Times


Layang-layang sebenarnya adalah permainan tradisional yang terkenal diantara anak-anak Indonesia. Sampai sekarang pun masih terlihat anak-anak yang memainkan layang-layang baik di kota, pantai, maupun pegunungan. 

Cara bermainnya pun sebenarnya kalau sendirian cukup sederhana. Tujuan awalnya adalah menaikkan layangan setinggi dan selama mungkin. Jika main bersama teman, tujuannya adalah memutuskan benang layangan lawan! Pertimbangannya adalah bentuk dari layangan, panjang tali saat layangan terbang, dan terakhir jarak tali pengikat dari layangan hingga tali menjadi satu untuk ditarik.


Puzzle



mainan-tradisional

Kamu bisa temukan puzzle ini disini!


Permainan puzzle ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun dengan berkembangnya jaman, bentuk-bentuk puzzle menjadi semakin rumit. Bahkan ada yang berbentuk bajaj seperti gambar diatas! 

Contoh yang kita miliki dibuat oleh Kigumi Indonesia dan sudah ada di toko Damn! I Love Indonesia. Puzzle ini terbuat dari 100% plywood yang telah di-coating, jadinya ia anti air! Kamu bisa membawa ataupun memajangnya dimanapun yang dijamin pasti terlihat keren, kalau kamu punya boneka atau action figure pasti bisa menjadi kendaraan yang menarik untuk mereka juga.

Untuk merakit puzzle bajaj ini pun tidak membutuhkan usaha terlalu banyak. Dijamin tidak perlu lem ataupun alat lainnya. Karena bentuknya puzzle, jadi tinggal ikuti instruksi yang ada di paket untuk bisa membuat pajangan keren yang seru untuk dibuat ini!

Bajaj yang keren ini bisa kamu dapetin di toko retail Damn! I Love Indonesia, atau bisa kamu temukan disini! Klik saja dan kamu bisa merasakan serunya merakit bajaj buatan kamu sendiri!

SHARE & COMMENT