streatwear indonesia

Sebenarnya, Hoodie itu istilah darimana sih?

22 Jan 2019

 

Ayo, hoodie lovers disini angkat tangan!

Foto oleh Nikolai Ulltang


Halo Pop Patriotics! Mungkin dari kita sendiri banyak yang suka pakai hoodie atau kalo emak aku sih ngomongnya “jaket” gitu yah. Emang nyaman, emang keren kalo dipake, dan emang favorit pengendara motor biar nggak masuk angin, tapi sebenernya apa sih cerita di balik hoodie yang sering kita pakai ini (hayo, ada yang belum pernah pake hoodie?)


Pakaian bertudung atau pakaian yang memiliki bagian penutup kepala memang sudah sering dipakai oleh para lelaki maupun perempuan sejak berabad-abad yang lalu. Kata “hood” sendiri secara etimologi memiliki akar kata yang mirip dengan “hat”. Hood, hat. Tudung, topi. Ya intinya adalah penutup kepala.


Menurut sejarah sih sebenarnya tudung itu sering dipakai di daerah Eropa pada abad pertengahan oleh para rahib. Tudung itu sendiri biasanya menempel ke jubah yang mereka pakai. Tudung beserta jubah ini dipercaya banyak dipakai oleh orang yang pekerjaannya di luar ruangan. 


Lalu, bagaimana dengan hoodie jaman sekarang? Sebelum ada hoodie, sweater lengan panjang merupakan fashion item yang hits. Kemudian di tahun 1930an, sweater lengan panjang ditambahkan dengan tudung, dan dari situlah muncul istilah hoodie pertama di dunia. Hoodie tersebut diproduksi oleh merk Champion dan biasanya ditujukan kepada pekerja buruh yang bekerja di temperatur dingin di kota New York, Amerika Serikat. Meskipun begitu, nama hoodie sendiri baru populer di tahun 1990an.


Gaya mengenakan hoodie beranjak terkenal di tahun 1970an, mulai dari budaya hip hop di kota New York dan termasuk dalam kategori high fashion disana, sehingga semakin banyak desainer baju yang menggunakan konsep hoodie ini. Salah satu peran ikonik pakaian hoodie adalah di film petinju Rocky yang diperankan oleh Sylvester Stallone. Selain dia, salah satu penyanyi ikonik asal Amerika Serikat yang mempopulerkan hoodie adalah Puff Daddy, atau juga dikenal dengan nama P. Diddy.



Foto oleh Aidan Jarrett


Sekarang, gaya hoodie bisa dilihat di mana saja. Walaupun bukan sebagai pakaian formal, hoodie tetap terlihat keren dan tentunya nyaman saat dikenakan. Terlindungi dari sinar matahari, angin, dan debu, memakai hoodie bisa jadi pilihan kamu saat kamu jalan-jalan.


Banyak juga hoodie yang memiliki gambar di depannya. Gambar ini juga bisa jadi representasi diri kamu sebenarnya, jadi kamu bebas berekspresi dengan baju hoodie ini! Kamu bisa lihat koleksi hoodie keren Damn! I Love Indonesia disini!


Selamat! Kamu sudah sampai di akhir artikel ini, fun fact aja nih, penulis dari artikel ini kebetulan punya 5 hoodie sendiri loh. Coba deh tulis di kolom komentar dibawah ini kamu punya berapa hoodie?

SHARE & COMMENT
Anonymous - Thu, 24 Jan 2019 4

Anonymous - Wed, 23 Jan 2019 2 hoodie