streatwear indonesia

Baca Dulu 7 Fakta Menarik Streetwear!

25 Jan 2019

 

Mungkin kalian juga udah biasa pakai streetwear, dari long shirts, sweatpants, baseball cap, dan celana jeans ini?

streetwear

Foto oleh Mark Rz


Mungkin kalo Pop Patriotics ke website ini, artinya kalian ngerti banget kalo Damn! I Love Indonesia ini sebenarnya Urban Streetwear loh! Mungkin kalian juga udah biasa pakai streetwear, dari long shirts, sweatpants, baseball cap, dan celana jeans. Tapi, coba deh liat 7 fakta menarik dari streetwear yang emang semakin terkenal ini!


Awalnya streetwear itu dari tahun 1990an.


Mulainya dari budaya surfing dan skating di California! Kalo diperhatiin sih emang skater boys (atau sk8r boi) dan skater girls yang sering pakai baju streetwear. Biasanya ditemani oleh sneakers juga tuh!


streetwear

Foto oleh Daniel Adesina


Mendapat inspirasi dari berbagai genre musik.


Pertama kali dipengaruhi oleh estetika dari barang-barang yang kesannya dibuat dari tangan mereka sendiri. Di saat yang sama, streetwear awal ini juga dipengaruhi oleh genre-genre punk, new wave, heavy metal dan hip hop sejak tahun 1980an. Meski banyak genre yang berdampak pada pakaian streetwear awal, brand-brand besar tetap menempel pada budaya hip-hop.


Barang terbatas yang selalu dikejar.


Menurut Shawn Stussy, komponen streetwear terdiri dari dua hal: T-Shirt dan terbatasnya barang tersebut. Kalau pop patriotics perhatikan, biasanya yang dikejar sama fans streetwear itu barang-barang yang jumlahnya terbatas. Contohnya adalah sepatu Yeezy. Semakin terbatas barangnya, semakin banyak yang mengejar biasanya. Ini namanya hukum supply-demand, guys.


Yang penting nyaman!


Meskipun pakainya skinny jeans, beanie, kaos, dengan jaket apapun, tujuan terpenting dari streetwear adalah nyaman! Karena streetwear ini pinginnya dipakai sama orang-orang yang suka dengan kebebasan, pastinya gerakan harus leluasa juga dong! 


Rapper juga pakai streetwear! Tapi biasanya ditemani oleh kalung bling yang terang benderang.


Mulai dari Big Sean, Drake, hingga Ramengvrl, biasanya rapper memakai pakaian streetwear ditemani dengan perhiasan yang berkesan bling. Seperti rantai emas yang dipakai oleh Kanye West hingga kalung emas dengan bentuk yang dimodifikasi sendiri seperti yang dipakai Migos, bling merupakan teman baik dari para rapper yang sudah mendunia.




streetwear

Foto oleh Jimmy Jimmy


Juga ada streetwear mewah lho!


Dengan turunnya pamor pakaian formal yang mahal, brand-brand besar pun biasanya mengincar trend baru yang bisa mereka kulik untuk mereka sendiri. Jadilah streetwear yang mewah. Brand-brand seperti Alexander Wang, Gucci, dan Balenciaga sekarang juga sering mengeluarkan model-model streetwear yang berharga mahal! Kalau kamu sering dengar lagu hip-hop/rap, biasanya sabuk Gucci juga sering disebutkan di lagu-lagu mereka!


Damn! I Love Indonesia juga suka dengan streetwear!


Kami di Damn! I Love Indonesia juga suka banget sama baju streetwear. Crew kami di Head Office juga biasanya pakai streetwear nih! Sports jacket sering kelihatan, track pants juga kadang-kadang dipakai sama crew kami. Dan kebanyakan orang yang kerja disini juga memakai baju kaos yang memang sering nge-hits!


Coba deh lihat disini atau disini buat baju streetwear terbaru yang kami keluarkan! Dijamin pasti keren deh!

SHARE & COMMENT