Masih Ingat Petualangan Kera Sakti dan Kawan-Kawannya?

06 Feb 2019

 

Sebenarnya perjalanan ke barat itu menuju India loh!

kera-sakti

Foto oleh TribunNews


Hi Pop Patriotics! Gimana kabar kalian hari ini? Yang kerja gimana? Apakah baik-baik saja? Yang sekolah atau kuliah? Hari ini kita dari Damn! I Love Indonesia ingin mengajak kalian bernostalgia sebentar yuk!


Disini ada yang suka nonton TV nggak? Masih ingat sama Kera Sakti? Sun Go Kong pergi bersama teman-temannya, Pendeta Tong atau Tong Sam Chong, Cu Pat Kai, dan Sha Wujing ke barat untuk mengambil kitab suci. Menurut teks aslinya, xi you ji, atau dalam Bahasa Inggris Journey to the West, dalam perjalanan mereka ke barat, yaitu India, mereka melewati 14 musim panas dan dingin. Dalam perjalanan itu, mereka juga melewati 81 kali bahaya sebelum bisa kembali ke Tiongkok dengan kitab sucinya.


kera-sakti

Foto oleh Qerja


Apakah kalian juga ingat dengan tongkat saktinya yang bisa mengecil menjadi seperti jarum jahit atau menjadi sebesar tiang. Awalnya, tiang yang bisa menenangkan lautan itu dirampas oleh Sun Go Kong, yang akhirnya menyebabkan kekacauan. Tiang tersebut akhirnya digunakan oleh Sun Go Kong sebagai senjata andalannya. 


Bagaimana dengan Awan Kinton? Awan yang bisa datang saat dipanggil ini bisa melaju cepat sekali dan menjadi salah satu kehebatan sang Kera Sakti kesayangan kita ini! Ia juga bisa mengubah rambutnya menjadi bentuk atau makhluk lain dan ia sendiri bisa berubah wujud.


Satu-satunya hal yang ia takuti hanyalah pukulan kecil dari Pendeta Tong dan Dewi Kwan Im sendiri yang sering mengajarkan ia agar menjadi lebih dewasa dalam perilakunya.


Kalian juga pasti ingat dengan yang satu ini:


Lagu ini menjadi ikonik karena memang seru untuk didengar dan dinyanyikan!


Cerita yang lucu ini juga sarat dengan ajaran-ajaran yang bisa kita petik dalam kehidupan sehari-hari kita! Perjalanan Sun Go Kong menjadi seseorang yang lebih menguasai ilmu-ilmu yang lebih hebat juga diikuti oleh dirinya yang bertambah dewasa dalam perjalanannya. 


Di dalam perkembangannya menjadi lebih dewasa, dia juga belajar bagaimana caranya bisa bekerja sama dengan sekitarnya dan tidak mengandalkan dirinya sendiri terus. Bagaimana ia juga bisa melawan siluman-siluman jahat yang menjadi rintangan di dalam perjalanannya menuju kitab suci dapat kita telaah dan pelajari juga!


Bagaimana menurut kalian? Apa ada yang masih sering melihat aksi si Kera Sakti dan kawan-kawannya ini? Atau mungkin kalian juga pernah membaca bukunya langsung? Berikan komentar kamu dibawah ini tentang apa yang paling kamu ingat tentang petualangan kera sakti. Kalau si penulis artikel ini sih dulu ingatnya memainkan gamenya di konsol Playstation 1. Jaman dulu banget deh!


SHARE & COMMENT