streatwear indonesia

4 MAKNA PENTING DIBALIK UPACARA BENDERA

14 Aug 2019

 

Picture by Liputan6.com

‘Kepada Sang Saka Merah Putih, Hormaaaaaaatttttt Graaak!’ Masih inget sama kalimat itu nggak, Pop Patriotics? Pasti nggak akan lupa dong ya, soalnya kan kita udah sering banget ikut upacara pas jaman sekolah dari SD sampai SMA. Setiap hari Senin pagi emang udah jadi jadwal rutin anak sekolahan buat ikutan upacara bendera. Tapi kalian tau nggak sih makna-makna penting di setiap bagian dalam upacara bendera? Atau kalian cuma ngikut-ngikut aja selama ini? Yuk, simak beberapa makna penting dalam upacara bendera yang mungkin kalian belum tahu.

  1. Pengibaran Bendera Merah Putih

Apa kalian pernah jadi anggota paskibra? Gimana? Nggak mudah kan? Ternyata tim paskibra dilatih dalam nilai kebersamaan dan gotong royong saat mengibarkan bendera merah putih, lho. Mereka harus berlatih terus menerus supaya bisa kompak dan seirama. 



Picture by : Tempo

2. Mengheningkan Cipta

‘Dengar, seluruh angkasa raya memuji, Pahlawan Negara.’ Kalian pasti masih inget kan sama lirik lagu ‘Mengheningkan Cipta’ ? Momen mengheningkan cipta sebenarnya dimaksudkan untuk mengenang, menghormati dan berdoa bagi pahlawan Indonesia yang sudah gugur di medan perang. Suasana yang hening dan tenang sengaja diciptakan dalam moment ini sambil mendengarkan paduan suara yang menyanyikan lagu dengan tempo yang sangat pelan untuk menambah kekhusyukan dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah tiada.



3. Pembacaan Teks Pancasila dan UUD 1945

Setiap pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945 pasti kalian bilang dalam hati kalau kalian udah hafal. Nah, memang itu maksud dan tujuannya, teks pancasila dan UUD 1945 terus dikumandangkan setiap upacara bendera supaya kita selalu ingat akan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 



4. Amanat Pembina Upacara

Siapa di antara kalian yang selalu nungguin amanat Pembina upacara? Kalian emang mau dengerin pesan-pesannya atau karena udah nggak sabar upacaranya selesai? Setiap amanat Pembina upacara pasti punya pesan penting di dalamnya, coba dengerin dengan seksama deh, guys.


Nah, itu dia beberapa poin penting yang pasti ada di setiap upacara bendera. Jujur deh, buat kalian yang sudah lulus dari bangku sekolah pasti kangen kan masa-masa upacara bendera setiap hari Senin? Terus pasti selalu kepingin berdiri di barisan belakang supaya nggak ketauan kalo lagi ngobrol sama temen sebelahnya, kan? Buat kalian yang masih di bangku sekolahan, mulai sekarang jangan bercanda ya waktu ikut upacara bendera, ternyata banyak makna penting kan yang ada di dalamnya?

HORMAAAAAATTT GRAAAKKKK!! #DAMNILOVEINDONESIA


SHARE & COMMENT