streatwear indonesia

Lirik 8 Lagu Daerah Ini Bisa Jadi OST Kisah Hidupmu!

24 Feb 2016

 

Bukan hanya lagu pop atau luar punya aja yang asyik untuk didengerin, lagu-lagu daerah juga lho! Sekarang kita udah jarang banget dengerin orang-orang menyanyikan lagu daerah. Padahal nih, lagu-lagu daerah nggak kalah bagus dengan lagu-lagu yang biasa ada di play list kita. Maknanya dalem lagi! 

image: http://4.bp.blogspot.com/

1. Ayam Den Lapeh (Sumatera Barat)

Kalau sepintas kita dengerin nih, Pop Patriotics dan kalau kamu fasih berbahasa Padang hehehe lagu ini bercerita tentang seseorang yang kehilangan ayam. Tapi sebenarnya, dia nggak bener-bener kehilangan ayam kok. Ini hanya kiasan aja tentang seseorang yang kehilangan seseorang yang disukainya. Kenapa harus dikiaskan dengan ayam? Dalam tradisi orang Minang, ayam itu sesuatu yang berharga.




2. Alu Si Au (Sumatera Utara)
Nah, buat kamu yang sedang menunggu jawaban dari orang yang sedang kamu suka, lagu ini cocok dinyanyikan.  Alu Si Au yang artinya jawablah aku ini bercerita tentang orang yang nunggu jawaban cinta. Nah, orang yang ditunggu-tunggu ini nggak juga ngasih jawaban. Ibaratnya di PHP-lah hehehe…



3. Aceh Lon Sayang (Aceh)
Kalau lagu dari Aceh ini bercerita tentang kecintaan akan tanah lahirnya Aceh. Aceh Lon Sayang itu artinya Acehku Sayang. Ada liriknya juga nih biar Pop Patriotics bisa sekalian nyanyiin juga. Oh, ya video yang D! tampilkan ini sudah digubah dengan gaya akustikan cakep. Coba dengerin deh!

Daerah Aceh, tanoh lon sayang
nibak tempat nyan, lon udep matee

Tanoh keuneubak, indatu moyang
lampoh deungon blang, luah bukeon lee

Tanoh keuneubak, indatu moyang
lampoh deungon blang, luah bukeon lee

Keureuja udep, na so peutimang
na so peuseunang, keureuja matee

Hate nyang susah, lon rasa seunang
aceh lon sayang, sampo'an matee

Hate nyang susah, lon rasa seunang
aceh lon sayang, sampo'an matee



4. Manuk Dadali (Bandung)
Lagu ini bercerita tentang keberanian dan kegagahan burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia. Pokoknya kalau dengerin lagu ini rasa nasionalisme kita bisa meningkat dua kali lipat hehehe…



5. Stasiun Balapan (Solo)
Lagu ini dipopulerkan oleh Didi Kempot. Ceritanya tentang perpisahan pasangan di Stasiun Balapan Solo. Awalnya sih dia janji bakal balik lagi, eh ditunggu-tunggu malah nggak datang-datang. Makanya setiap ke Stasiun Balapan orang yang ditinggal itu selalu teringat dengan kenangan sedihnya dulu. Pernah punya pengalaman serupa, Pop Patriotics?



6. Injit- injit Semut (Jambi)
Lagu daerah yang sering digunakan untuk mengiringi permainan anak-anak. Kalau Pop Patriotics ingat, permainannya mencubit punggung tangan teman. Penggalan liriknya, “Injit-injt semut siapa sakit naik ke atas.” Selain lagu permainan anak-anak lagu ini juga dimaknai supaya jangan mudah menyerah saat bekerja ataupun dalam kehidupan yang penuh tantangan ini. Ceileeeh



7.  Jali-jali (Jakarta)
Kalau sampai nggak tahu lagu ini kebangetan deh heheh. Lagu ini kan sering banget dimainkan kalau lagi ada lenong. Lagunya tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Jakarta terkhusus Betawi. Sebenarnya jali-jali itu tanaman yang dekat dengan kehidupan Betawi. Bisa dimakan, dijadikan mainan dan juga penghias rumah. Fyi, “jali” artinya bersih atau rapi.



8. Bolelebo (Nusa Tenggara Timur)
Lirik lagu Bolelebo ini menggunakan bahasa Rote yang menceritakan tentang kerinduan orang Timor akan kampung halamannya. Lebih jelasnya sih pesan yang terkandung dari lagu ini sama dengan pepatah yang mengatakan Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, baik juga di negeri sendiri. 


SHARE & COMMENT
Anonymous - Fri, 25 Mar 2016 mantappppps, terima kasih liriknya.... monggo pendapat anda bagaimana terkait lagu ini <a href="http://www.academicindonesia.com/lirik-lagu-manuk-dadali/">Lirik Lagu Manuk Dadali</a>