streatwear indonesia

6 Hal Ini Akan Membuat Kita Takjub dengan Mentawai

03 Mar 2016

 

Gempa berkekuatan 7,8 skala ritcher semalam, Rabu (02/03) mengguncang Kepulauan Mentawai dan diduga berpotensi tsunami. Tentunya kita berharap saudara-saudari kita di Kepulauan Mentawai baik-baik aja ya, Pop Patriotics! Doa kita untuk mereka!!

Btw, menurut penelitian, gempa yang terjadi kemarin adalah gempa susulan dari gempa di Nepal beberapa waktu lalu, 25 April 2015. Sebelumnya juga memang udah beberapa kali gempa mengguncang Mentawai. Seperti di tahun 2010 kemarin yang menewaskan hampir 400 orang. Kondisi geografis Kepulauan Mentawai membuatnya rawan terkena gempa. Namun dibalik letak wilayahnya yang rentan, salah satu surga surfing dunia ini memiliki hal-hal atraktif yang membuat kita semakin takjub dengan kekayaan dan keindahan wisata alam budaya Indonesia!! 

1. 400 Titik Surfing Terbaik Dunia

Kepulauan Mentawai sejak lama terkenal sebagai salah surga bagi peselancar dunia. Dan masuk di jajaran ombak terbaik dunia lagi! Salah satu spot yang paling keren dan ngehits karena ombaknya yang tinggi adalah Desa Bosua. Konon katanya ombaknya bisa mencapai 3 meter. Ada juga Pulau Sipora yang terkenal dengan manuver-manuver ombaknya yang luar biasa. 

image: http://mentawaisurfcats.com/


2. Tato Untuk Penanda Siapa Leluhurnya Setelah Mati Nanti

Tradisi tato di Mentawai adalah kebudayan turun-temurun dan bukan sekadar gaya-gayaan aja. Orang-orang Mentawai mendefinisikan dirinya melalui tato dan sebagai penanda garis keturunan setelah mati nanti. Tato di Mentawai juga melambangkan keseimbangan hidup manusia dan alam. Prosesinya juga nggak biasa karena jarum yang digunakan terbuat dari tulang hewan atau kayu dengan arang sebagai tintanya. Sedihnya, tradisi ini hampir hilang karena anak muda Mentawai sudah jarang melakoninya karena rasa sakit di prosesnya.


image: asworldsdivide.com


3. Hutan Alami di Pulau Siberut
Kekayaan hayati di Pulau Siberut masih natural banget. Karena kondisi inilah Pulau Siberut ditetapkan sebagai Taman Nasional dan dijadikan cagar biosfer oleh UNESCO sejak tahun 1981. Tercatat ada 896 spesies tumbuhan berkayu, 31 spesis mamalia dan 134 spesies burung. Sayangnya, beberapa spesies tersebut ada yang terancam punah! Sebenarnya di tahun 1990-an pemerintah mengeluarkan pelarangan penebangan pohon, pembangunan perkebunan dan pemukiman transmigrasi di Siberut. Tapi tetap ada saja aktivitas yang mengeksploitasi alam Siberut yang membuat nggak hanya kekayaan alamnya saja yang terancam tapi juga ketradisionalan genetis dari Mentawai terkikis.

image: kabutipis.files.wordpress.com

4. Gigi Runcing Artinya Cantik
Nah, dengan ini kita semakin yakin Pop Patriotics, kalau cantik itu subjektif jelek itu mutlak hehehe. Nggak dong! Definisi cantik memang subjektif, kalau pandangan orang Indonesia pada umumnya—terutama korban iklan di tivi, perempuan cantik itu yang berkulit putih, hidung mancung dan sebagainya. Kalau di Mentawai simple aja, perempuan disebut cantik kalau giginya runcing.


image: http://cdn.klimg.com/


5. Suku Mentawai Berasal dari Nias

Asal-usul suku Mentawai berasal dari orang-orang Nias yang merantau ke Sumatera Barat. Kalau diperhatikan memang ada sedikit kemiripan antara kebudayaan dan kebiasaan suku Nias dan Mentawai. Termasuk perawakan orang-orangnya.

image: lh4.googleusercontent.com


6. Penganut Animisme

Orang-orang suku Mentawai menganut Animisme yang mempercayai kalau setiap benda memiliki jiwa. Orang sakit karena jiwanya sedang pergi sementara dari tubuhnya. Ketika mati, diyakini jiwa pergi untuk selamanya.


image: http://kababaik.com/

SHARE & COMMENT