streatwear indonesia

6 Fakta yang Anak Muda Nggak Tahu Soal Nyepi

10 Mar 2016

 

Perayaan Nyepi yang jatuh pada tanggal 09 Maret kemarin unik banget karena bertepatan dengan Gerhana Matahari Total yang hanya terjadi 350 tahun sekali. Kebetulan yang langka seperti kemarin membuat perayaan Nyepi menjadi sedikit berbeda. Tapi nih sebenarnya, masih banyak fakta dan makna yang orang masih kurang tahu mengenai Nyepi. Ini dia nih, Pop Patriotics!

1. Memasuki Tahun Baru yang Bersih Lahir Batin

Sebenarnya Nyepi adalah perayaan Tahun Baru Saka yang dirayakan dengan cara melakukan “Tapa Brata Penyepian”. Ada empat hal yang dilakukan, “Amati Geni” (nggak menyalakan api), “Amati Karya” (nggak bekerja), “Amati Lelungan” (nggak makan dan minum) dan “Amati Lelenguan” (nggak berpergian). 

image: pendoasion.files.wordpress.com


2. Wajib Puasa

Nah, sebenarnya yang sering disalah artikan mengenai “Amati Geni” adalah sebatas memadamkan lampu  tapi yang jarang dilakukan adalah berpuasa. Padahal itu sebenarnya kewajiban, sebagai bentuk mengendalikan api alias hawa nafsu di dalam diri.


image: http://3.bp.blogspot.com/

3. Say No to Smart Phone
Semua lampu memang harus dipadamkan termasuk tivi dan smart phone. Tapi sayangnya nih, masih banyak juga yang menyalakan smart phone.

image: iputuswardiyasa.files.wordpress.com

4. Kisah-kisah Inspiratif
Biasanya ketika Nyepi, aktivitas yang dilakukan adalah dengan menambah pengamalan agama dengan cara membaca kisah-kisah inspiratif. 

image: http://4.bp.blogspot.com/

5. Karnaval Ogoh-ogoh
Karnaval Ogoh-ogoh bukan sekadar karnaval biasa tapi ada makna yang terkandung di dalamnya. Dimana segala hal yang buruk 
(disimbolkan dengan berbagai wajah seram ogoh-ogoh) harus dikendalikan. Sehingga saat memasuki tahun yang baru, manusia 
diharapkan menjadi manusia baru yang jauh lebih baik.

image: http://2.bp.blogspot.com/

6. Menghemat Energi
Selain makna spiritual dan tradisi yang terkandung, perayaan Nyepi juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Aktivitas menyepi menghemat pemakaian listrik dan energi.

image: http://4.bp.blogspot.com/
SHARE & COMMENT