streatwear indonesia

Katanya Cinta Indonesia tapi Tahu Nggak Kamu Arti dari 7 Kata Ini?

17 Mar 2016

 

Pop Patriotics, bahasa gaul yang sering kita pergunakan sehari-hari dengan alasan biar lebih akrab dan enak di telinga membuat kita hampir melupakan bahasa “asli” Indonesia yang sebenarnya. Bahasa asli maksudnya kata-kata yang memang seharusnya digunakan bukan kata-kata gaul seperti unyu, btw atau mager. Mengganti penggunaan sebuah kata dengan bahasa Inggris juga bisa jadi penyebab kita melupakan bahasa Indonesia. 

image:beritadaerah.co.id

Coba deh perhatikan, kita hobi mencampur-campur bahasa ketika ngobrol. Bahkan dalam mengumpatpun kita lebih senang menggunakan bahasa asing, contohnya nggak usah D! sebutkan ya hehehe. Padahal bahasa kita kaya banget. Maknanya luas dan dalem. Kalau Pop Patrotics pernah baca karya-karya sastra Indonesia dulu mulai dari angkatan pujangga lama sampai angkatan 1966 masih menggunakan bahasa baku dan serba berbunga-bunga ketika menyampaikan sesuatu.

Yah, D! akui sih kalau kita bahasakan sekarang jadi terdengar lucu. Tapi begitulah, kultur bahasa kita saat itu dan bagaimanapun juga akan tetap menjadi bagian dari sejarah kebudayaan kita. Jadi nggak boleh dilupakan tapi tetap mengingat dan mempelajari walau jarang digunakan.  

1. Rundung artinya Mengganggu

Kita lebih sering menggunakan kata bully untuk mengganti kata mengganggu. Padahal aslinya sih ada merundung yang lebih Indonesia. 

image: http://sp.beritasatu.com/

2. Dangau artinya Gubuk
Dangau lebih merujuk ke gubuk di tepi sawah. Tempat petani menjaga dan menunggui ladangnya. Kalau anak zaman sekarang udah jarang mendengar kata ini.  Coba deh Pop Patriotics tanya teman-teman, “Eh pada tau dangau nggak?” bisa jadi sebagian besar ngejawab, “Dangau? Apa itu dangau?” Tapi sekarang udah tahu ‘kan!

image: http://3.bp.blogspot.com/

3. Terompah artinya Alas Kaki
“Mana terompahmu?” Hehehe…pasti lucu dan sedikit janggal ya mendengarnya. Padahal maksudnya adalah alas kaki. Seenggaknya nih, walaupun udah jarang menggunakan kata “terompah” tapi kita tetap tahu. 


image: http://lh3.googleusercontent.com/

4.  Giwang artinya Anting-anting
Kalau mama-mama zaman dulu masih sering menyebut anting-anting dengan giwang tapi kalau mahmud alias mama muda nyebut giwang ke temannya, bisa jadi ditertawakan hehehe.

image: http://g02.a.alicdn.com/

5. Sokongan artinya Mendukung
Atau support tapi seperti lebih nyaman menggunakan kata support. Yah, begitulah karena memang nggak biasa menggunakannya. Jadi ketika tahu yang mana yang lebih tepat karena sudah merasa nyaman dengan yang biasa digunakan jadi terdengar aneh saat mengucapkannya. 

image: http://randompocketnotes.com/

6. Pekan artinya Pasar
Iya, benar pekan juga bisa bermakna seminggu tapi pecan juga bisa berarti pasar. Mungkin samar-samar Pop Patriotics masih ingat pelajaran Bahasa Indonesia waktu SD dulu sering ada kalimat, “Ibu pergi ke pekan,” yang mengacu pada pasar.


image: http://paradepok.com/

7. Dian artinya Lampu
Pernah dengar Dian yang Tak Kunjung Padam? Itu adalah judul buku karangan pujangga baru Sutan Takdir Alisjahbana. Dian artinya lampu atau penerangan makanya kalau ada teman kamu namanya Dian, itu ada maknanya, Guys. Walaupun sering digunakan sebagai nama, sayangnya sudah jarang kata dian menggantikan kata lampu.

image: s-media-cache-ak0.pinimg.com

SHARE & COMMENT