streatwear indonesia

5 Nasionalisme Indonesia yang Mendunia

09 May 2016

 

Kamu percaya nggak, Guys ada banyak sumbangsih dan sentuhan Indonesia untuk dunia. Beberapa di antaranya mencengangkan banget sampai-sampai bikin kita mengumpat, Damn! I Love Indonesia bangeeets! Nggak percaya? Cek aja di 5 fakta yang D! bikin di sini, wohoooooooooooo…..

1. Musik Tradisional Jadi Kurikulum Internasional

Wow!! Kedahsyatan dan keunikan musik tradisional Indonesia bikin negara-negara di luar tertarik untuk memasukkannya sebagai bagian kurikulum. Salah satunya gamelan yang menjadi mata pelajaran wajib di negara seperti New Zealand, Singapura, Amerika Serikat dan Jepang. Bahkan komponis-komponis dunia mengakui gamelan sebagai alat musik istimewa, beberapa di antaranya Claude Achille Debussy (Perancis), Bela Bartok (Hungaria), Colin McPhee (Amerika Serikat).

image: cumbriacrack.com


2. Bahasa Indonesia Menjadi Mata Pelajaran di Kampus-kampus Dunia

Kurang keren apa coba? Beberapa universitas yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib adalah Tokyo, University of Foreign Studies (Jepang), University of Shoutern Queensland (Australia), Taras Shevchenko National University of Kyiv (Ukraina) dan Hankuk University of Foreign Studies (Korea Selatan).

image: smpn1tanjungbalai.files.wordpress.com


3. Orang Indonesialah yang Menginspirasi Nelson Mandela

Informasi luar biasa nih! Ternyata oh ternyata Nelson Mandela pejuang HAM dan penghapusan apartheid terinspirasi dari Syekh Yusuf, ulama asal Bugis, Makassar. Syekh Yusuf pada masanya menyebarkan ajaran Islam sampai ke Afrika Selatan. Mengapa Syekh Yusuf begitu menginspirasi karena ajarannya yang sarat akan humanism dan tidak membeda-bedakan ras/warna kulit. Bahkan sebagai penghormatan, lokasi dimana Syekh Yusuf dimakamkan dinamai Desa Macassar (Cape Town, Afrika Selatan).

image: http://s27.postimg.org/


4. Festival Bunga Kimilsungia di Korea Utara

Kimilsungia, bunga bersejarah dan popular di Korea Utara ternyata berasal dari Indonesia. Nama Kimilsungia sendiri merupakan singkatan dari Kimi II Sung dan Indonesia. Gimana ceritanya, Guys? Sejarah mencatat, 13 April 1965 Presiden Korea Utara Kim II Sung melakukan kunjungan ke Indonesia yang disambut presiden Indonesia, Soekarno dengan mengajaknya berkeliling Kebun Raya Bogor. Kim II Sung tertarik dengan setangkai bunga merah menarik yang sejatinya adalah anggrek. 

image: http://historia.id/

Sebagai tanda persahabatan, Soekarno memberikan nama Kimilsungia untuk bunga tersebut. Tahun 1970-an bunga yang berasal dari Indonesia tersebut semakin berhasil dibudidayakan di Korea Utara dan sejak tahun 1999 setiap April, pemerintah Korea Utara menggelar Festival Kimilsungia. Dan hampir setiap tahun Indonesia turut ambil bagian lho dalam festival ini!


5. Buah Pemikiran Tokoh-tokoh Indonesia yang Mengubah Dunia

Pemimpin-pemimpin Indonesia dulu memberikan sumbangsih pemikiran yang luar biasa pada zamannya yang digunakan sampai sekarang. Beberapa di antaranya adalah menjadi pelopor Konferensi Asia Afrika bahkan menjadi ketua konferensi pertama (Ali Sastroamidjoyo) yang pelaksanaannya pertama kali di Bandung (1955). Indonesia juga menjadi salah satu pencetus Gerakan Non Blok (GNB), gerakan menentang perang dingin antara blok barat dan timur. Indonesia adalah salah satu negara pendiri ASEAN yang juga memberikan sumbangsih dalam penyelesaian konflik di negara-negara asia.

image: http://1.bp.blogspot.com/

SHARE & COMMENT