streatwear indonesia

4 Cerita Rakyat Indonesia Ini Pas Banget Buat Kamu yang Mengaku Anak Urban!

24 May 2016

 

Karena nggak semua kisah berakhir dengan sempurna, Guys tapi selalu ada hikmah di balik ceritanya. Makanya, kalau D! bilang cerita rakyat aka dongeng Indonesia jauh lebih keren ketimbang cerita dongeng luar, Pop Patriotics. Lebih real aja, nggak too good to be true, plus nggak menjual mimpi. Daaaaan ada pesan yang dalem banget lhoo untuk kita anak-anak muda Indonesia!

image: polka.id/wp-content/uploads


1. Bawang Merah & Bawang Putih  

Yup! Cerita Bawang Merah & Bawang Putih mirip dengan kisah Cinderellla, Guys. Bawang putih punya saudara tiri dan ibu tiri yang judes dan hobinya menjahati Bawang Putih. Mirip dengan cerita Cinderella yang selepas ayahnya meninggal ditindas oleh keluarga tirinya. Tapi, bedanya yah, Bawang Putih nggak butuh drama seperti meninggalkan sepatu dan sayembara segala, dia hanya bermodal kejujuran aja, lho!

image: endricahyo2safi3.files.wordpress.com


2. Malin Kundang 

Pernah dengar cerita tentang Malin Kundang dari Sumatera Barat? Cerita ini rada-rada mirip dengan Pinokio. Bedanya Malin Kundang setelah sukses di perantauan melupakan ibunya dan dikutuk menjadi batu. Nah, kalau Pinokio sukanya bohong dan setiap kali bohong hidungnya memanjang. Tapi di ending cerita kisah Pinokio nggak semiris Malin Kundang, Pinokio yang awalnya jadi boneka kayu jadi manusia beneran. Cerita Malin Kundang ini cocok banget kita aplikasikan ke kehidupan kita, Guys untuk selalu mengingat dan menjaga orangtua. Jangan karena udah sukses lupa deeeh…Oh, ya balik lagi ngomongin soal Malin Kundang, kamu bisa melihat batunya Malin Kundang di Pantai Air Manis, Padang.

image: lh5.googleusercontent.com


3. Rara Jonggrang 

Udah pada tahukan cerita tentang Rara Jonggrang? Tentang putri yang “ngerjain” laki-laki yang membunuh orangtuanya. Dia nggak mau dinikahi Bandung Bondowoso, tapi nggak bilang blak-blakkan juga. Jadi dia bikin alasan kalau Bandung Bondowoso membangun 1000 candi sebelum ayam berkokok dia mau nikah. Tapi, Rara Jonggrang dibantu dayang-dayangnya membunyikan lesung padi sehingga jin-jin yang membantu Bandung pada lari karena takut matahari. Akhir cerita sih, Bandung tau kalau dia dibohongin dan Rara Jonggrang dikutuk jadi candi keseribu. Kamu bisa melihat “legenda” ini langsung di Komplek Candi Prambanan, Guys! Intinya sih, kalau memang nggak suka ya nggak usah di PHP juga bilang aja langsung nggak! Gitu aja, kok repot…

image: upload.wikimedia.org


4. Legenda Danau Toba

Kalau menurut ilmiahnya sih, Danau Toba terjadi karena gempa tektonik, tapi berdasarkan cerita rakyatnya Danau Toba terbentuk karena seorang pemuda yang mengingkari janjinya kepada istrinya yang adalah putri ikan. Cerita ini mengajarkan kita untuk memegang janji, Guys. Seberapa sering kita mengingkari janji yang sudah diucapkan? 

image: beritaseri.com

SHARE & COMMENT