streatwear indonesia

Mengenal 4 Aliran Kepercayaan/Agama Leluhur yang Ada di Indonesia

27 May 2016

 

Kekayaan etnik Indonesia telah memunculkan beragam kebudayaan dan sejarah di Indonesia termasuk aliran kepercayaan/agama leluhur. Hampir di setiap daerah di negeri kita memiliki kepercayaan masing-masing sampai akhirnya yang diakui hanya enam saja.


image: http://www.ragamseni.com/

Kalau kita cermati ada keunikan dalam setiap aliran kepercayaan/agama leluhur yang ada di Indonesia lho. Semuanya berkaitan erat dengan kebudayaan setempat dimana agama leluhur tersebut berkembang. Kemudian ada benang merah, dimana masing-masingnya percaya pada keseimbangan alam dan hukum karma. Hmmm…sounds interesting nggak, Guys?

1. Kejawen

Kejawen adalah kepercayaan yang dipegang oleh orang-orang yang tinggal di Pulau Jawa. Secara umum, Kejawen nggak hanya mengenai kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa tapi juga ada seni, budaya, tradisi, ritual, sikap dan filosofi orang Jawa. Salah satu inti dari ajaran Kejawen adalah manunggaling kawulo gusti yang artinya menyatu dengan Tuhan. Btw, Kejawen juga mengadopsi ajaran agama lain jadi ada Kristen Kejawen, Hindu Kejawen, Buddha Kejawen dan Islam Kejawen. 

image: http://kebudayaanindonesia.net/


2. Parmalim

Konon katanya Parmalim adalah agama pertama suku Batak yang menjadi kepercayaannya Sisingamangaraja juga. Beberapa pantangannya adalah nggak boleh makan babi, anjing, darah dan makanan dari orang yang kerabatnya meninggal. Orang-orang yang menganut parmalim nggak mengenal surga dan neraka. Lebih ke bagaimana menjalankan keseimbangan kepada alam, sesama manusia dan Tuhan. 

image: http://1.bp.blogspot.com/


3. Djawa Sunda

Atau sering juga disebut dengan Sunda Wiwitan ini adalah kepercayan tradisional masyarakat Sunda yang mengajarkan penghormatan terhadap leluhur. Salah satunya adalah Dewi Sri (Sanghyang Sri) melalui upacara-upacara yang rutin dilakukan. Ajarannya adalah nggak melakukan hal yang membahayakan orang lain dan juga diri sendiri.

image: http://s.kaskus.id/


4. Marapu

Agama Marapu adalah agama asli yang dianut oleh orang-orang yang tinggal di Sumba. Dalam bahasa Sumba, Marapu berarti “yang dimuliakan” dan merujuk pada arwah-arwah leluhur. Dalam keyakinan Marapu, Tuhan nggak campur tangan dalam urusan duniawi. Manusia butuh perantara untuk menyampaikan doa ke Tuhan dan perantaranya adalah leluhur (Marapu). Oh, ya orang-orang yang beragama Marapu memiliki kepercayaan kalau kemaluan perempuan memiliki kekuatan gaib sehingga nggak boleh dilihat—sekalipun oleh suaminya, sehingga persetubuhan dilakukan saat malam hari. Kenapa dianggap gaib? Karena dari sanalah keluar anak dan darah menstruasi.


image: http://1.bp.blogspot.com/

SHARE & COMMENT
Anonymous - Sun, 29 May 2016 ada juga kaharingan, kok nggak masuk ya?