streatwear indonesia

5 Keunikan Tradisi Indonesia Menyambut dan Merayakan Bulan Ramadhan

07 Jun 2016

 

Indonesia kita memang keren bangeeets, Guys! Keragaman budaya telah membuat masing-masing daerahnya punya cara sendiri untuk menyambut dan merayakan bulan Ramadhan. Wah…seperti apa ya? Setelah ini nanti giliran kamu ya, Guys cerita ke D! gimana perayaan menyambut bulan Ramadhan di tempatmu…

1. Tradisi Bakar Batu di Papua

Untuk menyambut bulan Ramadhan, orang-orang Muslim di Papua tepatnya di Wamena mengadakan tradisi bakar batu untuk silaturahmi. Daging ayam yang sudah diberi bumbu dimasukkan ke dalam susunan batu panas kemudian ditutup dengan alang-alang dan daun pisang terus dimasukkan ubi-ubian dan ditutup lagi dengan batu yang dibakar. Olahan ini kemudian disantap bareng-bareng. Wah…Indonesia banget yaa!

image: http://cdn.metrotvnews.com/


2. Meugang di Aceh

Biasanya dua hari menjelang bulan puasa, penduduk Aceh melakoni tradisi Meugang, yaitu menyantap daging sebelum bulan puasa tiba. Tradisi ini udah ada sejak era Kesultanan Aceh pada pemerintahan Iskandar Muda. Dulu, Sultan Iskandar Muda membagi-bagikan daging ke kaum miskin dan memberikan uang juga menjelang Ramadhan. Sekarang, tradisi yang sama masih dilakukan; menyantap daging, dan buat orang yang punya keuangan lebih memberikan sebagian daging kepada tetangganya yang kurang mampu. Uniknya lagi saat Meugang sanak-keluarga yang merantau pada pulang kampung biar bisa merayakan masa-masa menjelang puasa bersama-sama.

image: wego.co.id


3. Bubur Pedas di Masjid Raya Al-Mashun Medan

Membagi-bagikan bubur pedas kepada orang yang datang di seputaran masjid, udah menjadi tradisi sejak berdirinya Masjid Raya Al-Mashun Medan di tahun 1909. Siapapun yang datang menjelang berbuka puasa akan mendapatkan sepiring bubur pedas yang khas. Kalau pengin melihat proses pembuatannya, datang aja siang jam 13.30 WIB, kamu bisa melihat periuk jumbo yang terbuat dari tembaga yang udah digunakan sejak zaman kesultanan.

image: http://cdn.metrotvnews.com/


4. Manjalang Mintuo di Sumatera Barat

Di Sumatera Barat ada tradisi namanya Manjalang Mintuo, dimana menantu mengantarkan makanan kepada mertua. Salah satu menu hantaran yang wajib ada adalah Lemang. Ini menjadi bukti bakti menantu perempuan kepada mertua dan biasanya dilakoni oleh pasangan-pasangan yang baru menikah. Nah, kamu udah sungkem belum sama calon mertua, Pop Patriotics? Hihihi…

image: http://1.bp.blogspot.com/


5. Megibung di Bali

Waah….ternyata di Bali punya tradisinya sendiri lho di bulan Ramadhan, namanya Megibung. Prosesinya sih hampir sama dengan tradisi-tradisi lainnya, makan bareng. Tapi, uniknya makan-makannya ini rame-rame di satu alas daun pisang lebar dan hanya dilakukan di hari ke 10, 20 dan 30 puasa. Terbuka juga lho, buat turis yang kebetulan lewat di masjid, bisa mencicipi tradisi makan bareng “keroyokan” ini.

image: www.nasionalisme.co 

SHARE & COMMENT