streatwear indonesia

5 Tempat Wisata Religi Indonesia Ini Sarat Akan Nilai Toleransi dan Akulturasi Budaya

18 Jul 2016

 

Keanekaragaman budaya, agama serta kepercayaan di Indonesia membuat negeri kita memiliki banyak tempat ibadah hasil akulturasi beberapa kebudayaan. Well, keberagaman ini perlu kita jaga dan lestarikan lho nggak hanya dinikmati sebagai tempat wisata aja. Nah, sebagian di antaranya ini lho… 

1. Gereja Ganjuran 

Berlokasi di Bantul dan mengalami pembangunan ulang setelah gempa di Jogja tahun 2006, namun tetap nggak mengubah kultur Jawa yang mendominasinya.  Gedung gereja dibangun dengan gaya joglo plus ukiran Jawa dan altar yang dihias malaikat berbusana wayang. Menambah suasana kultur, gamelan dan keroncong menjadi musik pengiring dalam tata ibadahnya.

image: http://1.bp.blogspot.com/


2. Pagoda Lumbini Berastagi

Ini bukan di Myanmar lho, Guys ini di Berastagi (Sumatera Utara)!  Penampakannya memang mirip Pagoda Shwedagon dan ini yang membuatnya istimewa, kita nggak perlu jauh-jauh ke Myanmar untuk melihat pagoda megah tersebut.

image: happyanggraeni.files.wordpress.com


3. Annai Velangkani

Kalau gereja di Ganjuran bernuansa Jawa, di Annai Velangkani Medan gereja Katoliknya berakulturasi dengan budaya Hindu-India. Oh, ya di dunia cuma ada dua lho, satu di Medan (Indonesia) satunya lagi di India.

image: sitohanguntuktapanuli.files.wordpress.com


4. Masjid Putih Telur 

Masjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat ini adalah objek wisata bersejarah di Batam. Masyarakat menyebutnya dengan Masjid Putih Telur, karena di masa pembangunannya di tahun 1832 bahan pembuatan masjid ini menggunakan putih telur.

 image: 4.bp.blogspot.com


5. Pura Tanah Lot

Sering main ke Bali tapi belum pernah ke Pura Tanah Lot? Duh…

Berdiri di antara batu karang yang kokoh, Pura Tanah Lot adalah bagian dari Pura Kahyangan Jagat termasuk pura yang dijaga kesakralannya oleh masyarakat Pulau Bali. Di area ini ada delapan pura suci yaitu Pura Penataran, Pura Penyawang, Pura Jero Kandang, Pura Enjung Galuh, Pura Batu Bolong, Pura Mejan, Monumen Tri Antaka dan Pura Pakendungan. Oh, ya jangan melewatkan pemandangan matahari terbenam di sini ya…

image: http://miner8.com/

SHARE & COMMENT