damniloveindonesia

5 Dongeng Indonesia Ini Mengajarkan Cara Menjadi Cewek Kuat dan Cinta Keluarga!


22 Jul 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)

 

Mendongeng udah jadi tradisi yang mengurat dan menadi pada masyarakat Indonesia. Kayaknya nggak ada yang bisa menggantikan kenikmatan mendengarkan cerita-cerita rakyat langsung dari orangtua sebelum tidur. Dan menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli besok, D! mau mengingatkan Pop Patriotics semua tentang dongeng ataupun cerita rakyat Indonesia yang paling wokeeehBtw, dongeng-dongeng Indonesia ini walaupun rada jadul ada banyak pesan moral yang bisa kita aplikasikan di kehidupan kekinian sekarang…

1. Timun Mas

Tenang aja Timun Mas nggak bercerita tentang cewek baik yang menunggu pangeran untuk menyelamatkannya hohoho…malah Timun Mas adalah cewek kuat yang menyelamatkan neneknya dari serangan raksasa jahat. Pesan cerita ini adalah orang yang kamu tunggu untuk menyelamatkan dirimu sebenarnya adalah dirimu sendiri.

image: http://www.wowkeren.com/


2. Ande-ande Lumut

Cerita singkatnya tentang pangeran di antah berantah yang mencari calon istri. Ada banyak perempuan yang berusaha hadir ke undangannya sang pangeran sampai menghalalkan segala cara termasuk rela dicium raksasa supaya bisa menyeberang danau supaya bisa sampai ke istana pangeran. Hanya Klenting Kuning, perempuan yang menolak untuk mencium raksasa dan berjuang sendiri untuk sampai ke istana. Finally, Klenting Kuning menjadi istri sang pangeran karena punya hati yang gigih menjaga kesuciannya.

image: ecs7.tokopedia.net


3. Sangkuriang

Cerita rakyat ini mengingatkan kita kalau karma akan selalu mengikuti. Kalau kita melakukan yang baik kelak akan mendapatkan yang baik begitu juga sebaliknya kalau jahat akan mendapatkan yang jahat juga. Dayang Sumbi harus mendapat ganjaran dicintai anaknya karena keangkuhan masa mudanya. Makanya nggak boleh sombong-sombong, Guys. Down to earth aja, roda berputar lho…

image: http://cdn.klimg.com/


4. Jaka Tarub

Kisah ngenes Jaka Tarub jangan sampai terjadi ke kalian ya, Guys. Jatuh cinta dengan seorang bidadari—cinta pada pandangan pertama ceritanya, Jaka Tarub mencuri selendang bidadari Nawangwulan supaya tetap tinggal di bumi. Pada akhirnya, setelah mereka menikah dan punya anak baru ketahuan kalau Jaka Tarub yang mencuri selendangnya yang bikin dia tertahan di bumi. Mereka pisah deh! So, jangan sampai kamu menghalalkan segala cara demi cinta.

image: http://4.bp.blogspot.com/


5. Lutung Kasarung

Cocok banget buat Pop Patriotics yang punya kakak atau adik. Yang namanya bersaudara itu harus saling menjaga bukannya menjatuhkan. Jangan seperti Purbararang yang menjegal saudaranya Purbasari untuk naik tahta sampai-sampai bikin Purbasari sakit keras dan harus diasingkan ke tempat jauh. Untungnya sih, Purbasari ini pemaaf. Oh, ya kenapa judulnya Lutung Kasarung, karena Lutung Kasarung lha cowok baik yang membantu Purbasari melewati masa-masa sulitnya. Ada nggak ya, Lutung Kasarung di zaman sekarang ini? Hehehe.. 

image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/



COMMENT


5 Cara Menikmati Media Sosial Tanpa Drama ❮ Prev Article
Lagi Cari Buku yang Bikin Ketawa, Nangis dan Ngingetin Kamu Sama Cinta yang Gagal? Kalau Gitu, Buku Ini Kamu Banget... Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee DAMN Glitch White Mal...
IDR IDR 250.000
Tee Sign White HD Black M...
IDR IDR 220.000
Polo Male Merdeka Navy Bl...
IDR IDR 279.000
Tee Signature Japan Red H...
IDR IDR 230.000