streatwear indonesia

5 Fakta Populasi Harimau di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

29 Jul 2016

 

Baru-baru ini hasil penelitian dan pengamatan para ahli memperkirakan tahun 2020 harimau dunia akan punah! Indonesia adalah salah satu negara dari sedikit negara yang menjadi tempat tinggalnya harimau. Dan ini adalah 5 fakta yang akan menambah informasi kita mengenai betapa pentingnya keberadaan harimau di dunia dan Indonesia tentunya!

image: http://awsassets.wwf.or.id/

1. Habitat Harimau di Indonesia Menipis Sejak Tahun 2000

November 2010 lalu ketika Tiger Summit Meeting di St. Petersburg Rusia ditemukan fakta memprihatinkan dimana 93% habitat alami harimau dunia hilang karena ekspansi  manusia. Dan terkhusus di Sumatera Indonesia dari tahun 2000 – 2012 sebanyak 2,8 juta hektar hutan hilang!

image: mongabay.co.id


2. 3 Dari 9 Jenis Harimau Dunia Ada di Indonesia

Harimau jawa, harimau bali dan harimau sumatera adalah tiga jenis harimau dunia yang ada di Indonesia. Sedihnya yang tertinggal sekarang hanyalah harimau sumatera. Harimau jawa punah sekira tahun 1980-an sedangkan harimau bali udah nggak ada sejak 1940-an.

image: http://cdn.klimg.com/


3. Jumlah Harimau Sumatera yang Tinggal Sedikit

Harimau sumatera yang hidup di alam bebas hanya tinggal 400 ekor saja. Sebenarnya bukan hanya habitatnya yang tergeser aja yang jadi penyebab berkurangnya populasi harimau tapi juga perdagangan illegal mulai dari dagingnya yang dikonsumsi sampai untuk dekorasi. Jahat banget ya!

image: http://cdn-2.tstatic.net/


4. Propinsi Riau Tempat Tinggal Harimau Terluas di Indonesia

Sejauh ini Riau adalah habitat paling luas tempat tinggalnya harimau sumatera. Sepertiga populasi harimau sumatera ada di Riau. Komunitas Tiger Heart Riau setiap tanggal 29 Juli melakukan kampanye penyelamatan habitat harimau sumatera di Tugu Keris Pekanbaru.  

image: greenpeace.org


5. Harimau Adalah Indikator Kesehatan Hutan

Keberadaan populasi harimau di hutan adalah tolak ukur kesehatan hutan. Kalau harimau udah nggak bisa hidup lagi di hutan artinya keberadaan hutan sebagai habitat makhluk hidup udah terancam. Dan seperti kita tahu bersama Guys, ekosistem ini adalah rantai makanan yang saling terhubung. Kalau hutan rusak, populasi makhluk hidup di hutan menipis pada akhirnya akan berdampak pada manusia juga. So, menyelamatkan harimau juga menyelamatkan para homo sapiens!

image: dreamers.id

SHARE & COMMENT