streatwear indonesia

Sejarah dan Filosofi Di Balik 5 Perlombaan yang Biasa Diadakan Setiap 17 Agustus

10 Aug 2016

 

Merayakan 17 Agustus kurang lengkap rasanya tanpa ada perlombaan-perlombaan seperti balap karung, makan kerupuk, tarik tambang dan lain-lain. Bertahun-tahun kita melakoni perlombaan-perlombaan ini tau nggak kira-kira apa sejarah dan filosofi dibalik perlombaan tersebut?

1. Balap Karung

Konon permainan ini udah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulunya para misionaris Belanda sering ngadain perlombaan balap karung saat jatuh tanggal festival-festival Belanda. Lama kelamaan kebiasaan ini menyebar di perkampungan dan hingga sekarang masih dilakukan.

image: http://www.jurnalasia.com/


2. Makan Kerupuk

Menurut cerita nih, pada maza penjajahan dulu nasib rakyat Indonesia susah banget, nggak bisa makan enak. Ada nasi dan kerupuk aja udah syukur. Makanya, untuk mengenang masa-masa sulit dulu diadakanlah lomba makan kerupuk!


 image: http://images1.rri.co.id/

3. Tarik Tambang

Filosofi apa yang bisa kita dapatkan dari tarik-tambang? Tentunya ini mengingatkan kita, Guys tanpa adanya kerja-sama kemenangan akan susah untuk diraih. Dan selain kerja-sama ada juga yang namanya pengorbanan. Kamu pernah ngalamin ‘kan gimana sakitnya tangan tergesek dengan tambang, terpeleset sehingga badan penuh lumur? Jadi, permainan ini bukan sekadar seru-seruan aja, ada makna tersirat di dalamnya.


image: http://4.bp.blogspot.com/

4. Panjat Pinang

Ada yang menyebutkan sebenarnya panjat pinang ini adalah permainan yang diciptakan orang Belanda pada masa penjajahan sebagai hiburan dimana orang-orang pribumi sebagai pesertanya. Karena menjadi kebiasaan, sampai sekarang tradisi ini terus dilakukan.  Menurut kalian gimana, Guys? Sebenarnya kita bisa mengambil positifnya aja sih. Secara dalam panjat pinang juga ada unsur kerja-sama yang bisa kita jadikan pembelajaran dalam hidup. Tul nggak?


 image: http://www.muudu.com/

5. Menangkap Belut

Menangkap belut juga jadi salah satu lomba di ajang perayaan kemerdekaan Indonesia. Secara megang aja susah apalagi disuruh nangkapin ya, Guys! Tapi, ini jadi keseruan tersendiri lho dan bisa kita ambil pesan moralnya juga, walaupun susah dan kelihatan nggak mungkin kalau kita lakukan dengan usaha penuh bakal berhasil juga!


 image: http://serubareng.com/

SHARE & COMMENT