damniloveindonesia
damniloveindonesia
5 Peristiwa Penting Dibalik Proklamasi Indonesia!
16 Aug 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Menyambut perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 71 tahun, D! mau ngajak Pop Patriotics untuk refleksi sejenak, mengingat moment-moment penting dibalik proklamasi kemerdekaan negara kita. Pengingat aja, Guys bahwasanya kemerdekaan Indonesia diperjuangkan dengan mati-matian dan udah sewajarnya kita menghayati dan mempertahankan apa yang udah diperjuangkan para pejuang ini dengan cara yang baik dan benar. Merdekaaaaaaaaaa!!!!

image: http://cdn-2.tstatic.net/

1. Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki

Ada yang menyebutkan kemerdekaan Indonesia adalah berkah  yang diberikan Tuhan. Memang sih, kalau tanpa campur tangan yang kuasa kita nggak bakal meraih kemerdekaan. Namun berkah yang dimaksud adalah dikarenakan pada 6 Agustus 1945 bom atom jatuh ke Hiroshima disusul 9 Agustus 1945 di Nagasaki yang membuat kekuatan fisik dan mental Jepang jadi porak-poranda. Moment inilah yang dijadikan peluang bagi para pejuang kita untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

image: http://siloka.com/


2. Jepang Menginginkan Kemerdekaan Indonesia di 24 Agustus 1945

Jepang pengin-nya Indonesia merdeka tanggal 24 Agustus 1945. Namun menurut Sutan Syahrir itu cuma muslihat Jepang aja. Syahrir beserta golongan muda lainnya menolak keras, karena bila hanya menuruti kemauan Jepang sama aja Indonesia merdeka bukan dengan tangannya sendiri.


 image: arifashkaf.files.wordpress.com


3. Soekarno Sedang Sakit Saat Memproklamirkan Kemerdekaan RI

Gejala malaria nggak menyurutkan semangat Soekarno untuk memproklamirkan kemerdekan Indonesia. Dua jam sebelum pembacaan teks proklamasi, Soekarno masih istirahat di kamarnya karena sakit keras. Setelah pembacaan proklamasi Soekarno kembali tidur karena meriang. 


 image: penasoekarno.files.wordpress.com

4. Upacara Sederhana Tapi Khidmat

Pelaksanaan proklamasi dilangsungkan dengan sederhana banget. Tiang bendera dari bambu dan bendera dari seprei yang dijahit tangan, upacaranya juga tanpa protokol.


 image: http://dmid0fhonc2z0.cloudfront.net/


5. Penyebaran Proklamasi Kemerdekaan Diberitakan Secara Sembunyi-sembunyi

Karena semua kantor berita dan radio masih di bawah kendali Jepang, makanya penyebaran informasi kalau proklamasi kemerdekaan udah dibacakan diberitakan sembunyi-sembunyi. Ada yang melalui kawat (morce cast) hingga akhirnya sampai ke dunia internasional, dari mulut ke mulut, selebaran dan graffiti di tembok-tembok jalanan.


 image: http://1.bp.blogspot.com/



COMMENT


Memaknai Arti Kemerdekaan Lewat 7 Pesan Dari Patriotik Indonesia Ini... ❮ Prev Article
Menghidupkan Kembali Pidato Soekarno Lewat Film Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Male Garuda Sidline R...
IDR IDR 250.000
Turtle Neck Red HD Black ...
IDR IDR 349.000
Tee Male Slank Love Indon...
IDR IDR 275.000
Pin Urban Rainbow Black S...
IDR IDR 25.000