streatwear indonesia

Menghidupkan Kembali Pidato Soekarno Lewat Film Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita

19 Aug 2016

 

Ada beberapa film yang menggambarkan mengenai sosok Soekarno, Presiden RI pertama. Hampir kesemuanya menggambarkan perjuangan beliau meraih kemerdekaan berikut kisah cintanya. Mengambil angle yang berbeda dengan tema lebih spesifik, aktor kawakan Tio Pakusadewo bersama produser/sutradara Tino Saroengallo membikin film tentang pidato Soekarno.

image: sindotrijaya.com

Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita adalah film dokumenter tentang pidato Soekarno dalam sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada 1 Juni 1945. Film ini diadaptasi dari pidato Lahirnya Pancasila yang ditulis dalam buku Pedoman Menjalankan Amanat Penderitaan Rakyat. Selain menghidupkan kembali sosok Soekarno yang sedang berpidato, lewat film ini kita juga bisa melihat bagaimana perjalanan beliau merumuskan teks Pancasila dan nilai-nilai apa yang diharapkannya dari sebuah kemerdekaan. D! aja sampai merinding lho saat menonton trailer-nya.

Film yang berdurasi 80 menit ini isinya hanya pidato. Soekarno memang dikenal sebagai orator ulung. Yang mampu memikat pendengarnya walaupun memakan waktu berjam-jam saat berpidato. Dalam pidatonya pun, beliau kerap mengutip bahasa asing yang memang dikuasainya seperti bahasa Belanda, Jepang, Inggris, Jerman dan Perancis. Mampukah Tio Pakusadewo memerankan tokoh legenda Indonesia ini?
image:upload.wikimedia.org

Sebenarnya sih sebagai tokoh sentral dalam film ini Tio tidak berharap kalau penonton akan melihat sosok Soekarno saat menyaksikan dirinya memerankan bapak proklamator tersebut. Isi dari pidato yang menurutnya sangat menggugah sanubari dan rasa nasionalismelah yang ingin disampaikan film ini kepada penonton. Ketika judulnya juga membawakan tagline cita-cita dan realita, kita bisa mengetahui cita-cita awal kemerdekaan yang diutarakan Soekarno dulu 71 tahun lalu seperti apa dan realitanya sekarang bagaimana. Apakah sudah terwujud atau masih jauhkah kita pada yang diimpi-impikan dulu?

D! saranin sih kamu nonton film ini, Guys! Masih diputar kok, di bioskop-bioskop...

image: blackxperience.com
SHARE & COMMENT