damniloveindonesia
damniloveindonesia
Ini Lho Sejarah Seragam Sekolah di Indonesia!
05 Sep 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Seperti yang kita tau, di berbagai negara lain pelajar nggak wajib pakai seragam sekolah bahkan ada sekolah yang nggak punya aturan pakai seragam ke sekolah. Tapi tau nggak Pop Patriotics, Indonesia pun sebenarnya pernah menerapkan pakaian bebas ke sekolah, tapi itu pas zaman dulu banget. Tepatnya pas zaman Indonesia masih dikuasai kolonial Belanda.

image : https://smpksanmarkdr.files.wordpress.com

Pemakaian seragam di Indonesia sendiri mulai diterapkan saat Jepang menduduki tanah air. Tapi waktu itu belum ditetapkan corak warnanya buat setiap jenjang pendidikan. Negara Jepang yang sarat banget sama militeristik inilah yang membawa nilai disiplin tinggi buat masyarakat Indonesia termasuk para pelajarnya.Setelah Indonesia berhasil memerdekakan diri dari penjajah dan Jepang pun udah angkat kaki dari tanah air, budaya seragam sekolah ini masih terus diterapkan sampai sekarang.

Karena udah jadi kebiasaan, akhirnya pas masa pemerintahan Presiden Soeharto, tepatnya pada 17 Maret 1982, turunlah Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah yang isinya tentang penggunaan seragam sekolah buat para siswa. Surat Keputusan tersebut nggak cuma berisi soal penyeragaman pakaian sekolah, tapi juga sekalian ngatur corak warna yang berlaku buat tiap tingkatan sekolah. Konon katanya aturan penggunaan seragam sekolah sebetulnya juga dibuat untuk menutupi kesenjangan sosial di antara siswa-siswa, Guys. 

Mau tau siapa pencetus gagasan corak warna dan aturan penggunaan seragam sekolah ini? Beliau adalah Idik Sulaeman yang waktu itu menjabat sebagai Direktur Pembinaan dan Kesiswaan di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah periode 1979-1983. Idik yang merupakan alumni Pendidikan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung ini juga merupakan pembuat lambang OSIS dan Paskibraka, lho! Tapi penentuan warna di seragam sekolah ini bukan tanpa arti, Guys. Buat siswa SD, seragam hem putih dengan bawahan merah melambangkan energi dan keberanian buat siswa untuk belajar. 

image: http://cdn.klimg.com

Corak biru di seragam SMP melambangkan komunikasi dan rasa percaya diri karena pada masa-masa SMP ini siswa SMP sedang dalam masa pengembangan kepercayaan diri. 


image : https://hello-pet.com

Sedangkan corak warna abu di seragam SMA maksudnya mau menunjukkan kedewasaan dan ketenangan diri.


image : https://pangeran229.files.wordpress.com

Kalau Pop Patriotics, setuju nggak sih sama penggunaan seragam sekolah di Indonesia? Share ke kita yaaa!



COMMENT


10 Quotes Patriotisme Ini Cocok Banget Dibaca Sebelum Menutup Bulan Agustus! ❮ Prev Article
Mengenal Karapan Sapi Madura, Yuk! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Atletik 45 Black Fema...
IDR IDR 280.000
Turtle Neck Black HD Red ...
IDR IDR 349.000
Dress Female Urban Batik ...
IDR IDR 320.000
Jacket Female YSL UB Brow...
IDR IDR 550.000