damniloveindonesia

Ternyata Cara Membersihkan Gigi Zaman Dulu Seperti Ini!


18 Dec 2015

Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester P.)

 

Pernah kebayang nggak sih, gimana cara nenek dan kakek kita membersihkan gigi? Dulu kan belum ada pasta gigi, tapi tetap saja mereka bisa menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Ternyata oh ternyata, orang dulu lebih canggih ketimbang kita sekarang dan jauh lebih alami lagi. Faktanya, banyak produk pasta gigi yang Pop Patriotics pakai mengandung bahan-bahan alami tersebut. Coba deh, cek kandungan pasta gigi yang biasa kamu pakai. Biar makin jelas, ini dia resep orang dulu membersihkan gigi. Tanpa sikat gigi minus pasta gigi pastinya….

1. Cengkeh

Sebenarnya kalau cengkeh lebih untuk mengharumkan nafas ketimbang membersihkan gigi. Sehabis makan, biasanya orang-orang zaman dulu, terutama ibu-ibunya mengunyah cengkeh. Ini dilakukan untuk menghilangkan aroma sisa makanan yang tadi dimakan. 



2. Biji Buah Pinang

Jadi caranya nih, biji buah pinang dibakar sampai halus kemudian digosok halus ke gigi. Agak ribet sih, Pop Patriotics, tapi seperti itulah cara orang dulu menjaga kebersihan giginya. Secara kan belum ada teknologi simple supaya tetap kece kalau lagi jalan sama gebetan hehehe.




3. Jeruk Nipis + Garam

Jeruk nipis diperas kemudian ditaburi garam lalu digosokkan ke gigi. Lebih afdol lagi bila menggosoknya dengan kulitnya si jeruk nipis. Biasanya sih, formula ini hanya satu kali sehari saja dilakukan, soalnya campuran air jeruk dan garam bisa bikin iritasi bagian dalam mulut kalau sering banget digunakan.


4. Daun Jambu Klutuk

Daun jambu klutuk juga dijadikan orang baheula untuk membersihkan gigi. Triknya nih dengan mengunyah daun jambu klutuk muda. Well, nggak hanya dikunyah terkadang juga ikut ditelan untuk menyegarkan nafas dan diet juga kali yee, ngurangin konsumsi daging.



5. Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal sebagai anti bakteri sejak dulu. Selain baik untuk membersihkan luka, daun sirih juga canggih mengusir bau mulut dan memutihkan gigi. Caranya? Rebus daun sirih, kemudian airnya dipakai untuk berkumur sedangkan daunnya digosokkan ke gigi, deh! 



6. Daun Salam

Selain sebagai bumbu masak, daun salam juga jadi pilihan lain untuk membersihkan gigi. Caranya sih, kurang lebih sama dengan cara menggosokkannya ke gigi kemudian berkumur dengan air hangat supaya sisa daun yang nempel di gigi hilang.





COMMENT


Cerita Cinta Wayang Durga: Menguji Kesetiaan Ada Batasnya Juga Lho! ❮ Prev Article
Sop Buntut Hotel Borobudur, Dari Kaki Lima Ke Bintang Lima Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Polo Male Merdeka Black/R...
IDR IDR 279.000
Tee Founding Father Male
IDR IDR 265.000
Sticker Signature Dark Gr...
IDR IDR 35.000
Tee Sign Black HD White F...
IDR IDR 220.000