streatwear indonesia

5 Pengalaman Orang Indonesia Ini Bakal Membuat Lebih Berhati-hati Menggunakan Sosial Media!

08 Sep 2016

 

Apalagi sekarang zamannya sosial media, apa-apa bersuaranya di sosial media yang jelas-jelas dibaca banyak orang. Salah-salah ngomong…akhirnya kena deh! Mulai dari yang kecil kayak di-block atau unfollow sama orang yang bersangkutan, di-bully sampai yang paling parah ke jalur hukum! Media sosial lebih kejam dari ibukota, Guys! Udah banyak pengalman dimana orang-orang “kemakan” dengan ucapannya sendiri. Well, ini dia nih 5 orang Indonesia dengan pengalamannya yang membuatmu bakal mikir dua kali sebelum bersuara di medsos. Check these out!

1. Isyana Sarasvati  

Beberapa waktu lalu penyanyi cantik ini sempat “di-bully” karena salah nge-tweet soal belanja online, padahal secara Isyana adalah ambassador salah satu online shop. Belum lagi beberapa posting-an Isyana di sosmed yang ternyata comot dari internet. Hmm…makanya Guys, ketika mau share sesuatu ke medsos harus perhatikan dulu hak ciptanya.


 image: http://server4.merahpoetih.com/

2. Luna Maya

Masih ingat nggak sih tahun 2009 nama Luna Maya jadi sorotan karena tweet kekesalannya pada wartawan infotainment dan menyamakan profesi wartawan lebih rendah dari pada Pekerja Seks Komersil (PSK). Waktu itu sih, bukan cuma wartawan aja yang pada protes tapi juga PSK-nya yang dianggap punya gawean rendahan. Duuh...memaki sebuah profesi aja trus di-share di sosmed aja udah mengundang kontorversi apalagi yang memaki itu adalah public figure, wajar aja semua lampu sorot ke wajahnya langsung. Yah, terlepas apa yang menjadi pemicu dia sampai ngomong seperti itu.


 image: http://m.cumicumi.com/

3. Sandhy Sandoro & Ade Fitria

Dooooh…jangan sampai deh pertengkaran kamu dan pacar jadi santapan public, seperti yang dilakukan pasangan selebriti Sandhy Sandoro dan Ade Fitria. Segala curhatan dan kekesalannya Ade Fitria pada pasangannya ditumpahkan tanpa filter di akun twitternya. Kesal sih kesal Guys tapi jangan sampai kebablasan. Mau dihapus karena nyesal terlalu “bocor” juga terlambat, tingginya rasa kepo dan teknologi screenshot memudahkan orang-orang untuk mengabadikan semua hal.


 image: http://www.selebupdate.com/

4. Saut Situmorang

Saut Situmorang adalah sastrawan Indonesia yang terancam bakal dipenjara karena dituduh melakukan pencemaran nama baik Fatih Hamama. Beberapa waktu lalu Saut melakukan aksi protes melalui facebooknya mengenai penerbitan sebuah buku 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh. Dan dalam protesnya tersebut terlontar kata “bajingan” dan kata-kata kasar lainnya sehingga Saut dianggap melakukan pencemaran nama baik. Well, belajar dari kasus ini, sebaiknya kita lebih berhati-hati sih Guys kalau mau mengajukan protes. Jangan sampai deh tujuan yang semula memang untuk kebaikan jadi membawa kita pada masalah baru.

 

image: aguskhaidir.files.wordpress.com

5. Boby Febrik Sedianto

Baru-baru ini video protes anak UI yang menolak Ahok jadi Gubernur DKI Jakarta jadi viral. Selain bentuk protesnya yang dianggap nggak pada tempatnya juga karena Boby membawa-bawa nama kampus tempat dia kuliah. Waah…kalau gini sih urusannya bisa panjang, ya ngga sih. Sekali lagi nih, melakukan aspirasi sih boleh-boleh aja, tapi lakukan dengan cara yang baik—apalagi kalau wadahnya media sosial yang cepat banget mengendus sesuatu yang bakal mengundang kontroversi!


 image: anekainfounik.files.wordpress.com

SHARE & COMMENT