damniloveindonesia

5 Tradisi Unik di Indonesia Menyambut Idul Adha


09 Sep 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Nggak sedikit perayaan unik yang ada di negara kita tercinta, Indonesia, salah satunya saat hari raya besar seperti Idul Adha. Selain menyembelih hewan qurban, beberapa daerah merayakannya dengan rangkaian acara yang lekat nilai tradisi. Berikut D! sudah merangkum lima tradisi unik tersebut.

image: http://m.cumicumi.com

1. Tradisi Jemur Kasur – Banyuwangi

Nggak kayak jemur kasur umumnya, tradisi ini diperingati seperti layaknya sebuah upacara adat. Seluruh warga desa Adat Using, Kamiren menjemur kasurnya secara masal. Tradisi yang juga dikenal sebagai mepe kasur ini dilakukan buat menolak bala dan menjaga keharmonisan rumah tangga. Kasurnya pun nggak seperti kasur kebanyakan. Hampir seluruh kasur di desa ini berwarna hitam dan merah yang terkenal dengan sebutan kasur gembil. Kasur ini juga punya makna tersendiri, lho. Kasur gembil warna merah melambangkan keberanian, sedangkan kasur hitam menggambarkan kelanggengan.

image: https://cdns.klimg.com

2. Tradisi Apitan – Semarang

Tradisi yang juga dikenal dengan istilah sedekah bumi apitan ini dilakukan dengan mengarak tumpeng dan hasil bumi di jalan raya. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan rezeki yang diberikan. Biasanya tradisi ini dimulai dari kantor kelurahan dan diakhiri dengan pembacaan doa bagi keselamatan seluruh warga. Kemudian dilanjutkan dengan warga rebutan hasil bumi yang disusun membentuk gunungan. Bentuk syukur ini disimbolkan dengan arak-arakan hasil bumi yang disusun bertumpuk, misalnya padi, cabai, terong, jagung, tomat, kacang panjang, timun, dan wortel.

image: http://kronosnews.com

3. Tradisi Manten Sapi – Pasuruan

Tradisi yang digelar para warga desa Tates, kecamatan Grati ini termasuk unik karena sapi dirias layaknya seorang pengantin. Biasanya tradisi ini digelar satu hari sebelum hari raya dan buat menghormati hewan qurban yang bakal disembelih. Layaknya sepasang pengantin, sapi-sapi ini dirias semenarik mungkin. Para sapi yang bakal disembelih dikalungi rangkaian bunga tujuh rupa kemudian tubuh sapi ditutup dengan sehelai kain putih. Setelah itu, para sapi digiring menuju masjid dan diserahkan pada panitia kurban. Nggak ketinggalan, ratusan ibu rumah tangga yang ikut serta membawa peralatan rumah tangga dan bumbu-bumbu buat persiapan menyembelih.

image: http://cdn.klimg.com/merdeka.com

4. Tradisi Grebeg Gunungan – Jogjakarta

Keraton Jogjakarta selalu mengadakan tradisi grebeg gunungan buat menyambut Idul Adha. Tradisi ini udah dilakukan para penghuni Keraton sejak puluhan tahun lalu. Tiga buah gunungan grebeg diarak di atas kuda dengan dikawal dua prajurit kerajaan. Mulai dari arah Keraton arak-arakan melewati Alun-alun Utara menuju masjid. Sehabis didoakan, satu gunungan lanangan dan dua gunungan putri jadi incaran warga yang hadir. Lewat tradisi “rebutan makanan” itu, para warga berharap berkah seperti yang diceritakan oleh para leluhur.

image: http://2.bp.blogspot.com

5. Tradisi Mudik – Madura

Kalau biasanya masyarakat mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, warga Madura punya kebiasaan yang beda. Hari Raya Idul Adha mewajibkan sebagian besar penduduk Madura yang merantau buat segera pulang ke kampung halaman mereka. Bahkan, perayaan Hari Raya Idul Adha lebih ramai dan berkesan jika dibandingkan Hari Raya Idul Fitri. Lonjakan arus mudik bisa terlihat di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan jembatan Suramadu setiap tahunnya menjelang hari raya qurban.

image: http://world-in-news.com


Kalau di daerah Pop Patriotics, tradisi unik apa sih yang dilakukan menjelang atau pas hari raya qurban? Share ke kita ya!



COMMENT


10 Lagu Indonesia Yang Wajib Dinyanyiin Pas Karaoke versi Tim D! ❮ Prev Article
Dijamin 6 Pose Seleb Indonesia Ini Saat Melakukan Olahraga Favoritnya Bakal Bikin Kamu Pengin Bakar Lemak Juga! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee We Are Indo White Mal...
IDR IDR 250.000
Sticker Sign Damn! Pink H...
IDR IDR 15.000
Tee Signature Classic HD ...
IDR IDR 230.000
Damn! Signature Junior Ja...
IDR IDR 230.000