streatwear indonesia

5 Kisah Mistis di Indonesia..Hiiii Serem!

14 Sep 2016

 

Ternyata keberagaman di Indonesia bukan cuma soal kebudayaannya aja lho ya…termasuk kepercayaan akan kisah mistis. Percaya nggak percaya sih tapi orang-orang zaman dulu memang punya cerita-cerita yang dikisahkan turun-temurun. Beberapanya masih dipercaya tapi sebagian lagi hanya dianggap cerita untuk memberikan efek jera ke anak-anak. Menurut kamu gimana, Guys?

1. Maghrib Waktunya “Mereka” Keluar Jadi Jangan Tidur ataupun Keluar Rumah!

Sampai sekarang kamu masih dibilangin nggak Guys, kalau jangan tidur ataupun melakukan aktvitas di luar rumah pas maghrib atau menjelang maghrib. Soalnya bisa-bisa “ketemu” lho dengan “mereka”. Ada yang menyebutnya dengan Sandekala, Wewe Gombel dan lain-lain. Btw, cerita mistis ini pernah dibikin jadi film pendek oleh Amriy Ramadhan dan menjadi fim pendek favorit di ajang XXI Short Film Festival 2016!


2. Ritual Pesugihan 

Kebudayaan mistis Jawa erat dengan istilah “pesugihan” yang artinya adalah meminta kekayaan kepada setan dengan tumbal. Di daerah Jawa Timur ada banyak tempat-tempat yang dikeramatkan untuk melakukan ritual ini. Hiiii


 image: http://www.suarasurabaya.net/

3. Begu Ganjang

Orang Batak mengenal yang namanya “begu ganjang” yang artinya setan/hantu panjang. Kenapa panjang, soalnya konon kalau dilihat terus-terusan setan/hantunya tambah panjang dan semakin kita mendongak dia bakal tambah panjang dan akan mencekik orang yang melihatnya. Iiiihserem nggak sih?


image: celotehsije.files.wordpress.com

4. Suku Baduy Pantang Keluar Dari Tanah Baduy dan Membawa Barang-barang Modernitas

Menurut kepercayaan kalau orang Baduy keluar dari tanah Baduy akan terjadi bencana di kampung mereka. Ini juga sih yang jadi alasan kenapa orang Baduy nggak pernah menggunakan kendaraan ketika berpergian. Mereka juga pantang menggunakan barang-barang modern di kampung mereka.


 image: http://img1.beritasatu.com/

5. Nyi Roro Kidul dan Baju Hijau

Dipercayai Nyi Roro Kidul adalah penghuni Pantai Selatan Jawa dan dilarang menggunakan baju berwarna hijau di kawasan tersebut. Kalau menggunakan baju berwarna hijau bisa-bisa ntar diambil sama Nyi Roro Kidul untuk dijadikan pelayannya. 


 image: i.ytimg.com

SHARE & COMMENT