damniloveindonesia
damniloveindonesia
Ini Fakta-Fakta Kain Tenun Asli Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui
19 Sep 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Rasanya nggak berlebihan kalau menyebut kain tenun Indonesia sebagai salah satu pesona budaya yang harus kita jaga dan lestariin. Selain motif yang khas, pengerjaannya yang memakai tangan dari generasi ke generasi juga berhasil menarik pangsa internasional. Nggak sedikit lho rumah mode luar negeri yang melirik kerajinan tangan satu ini. Ada fakta menarik apa lagi seputar kain tenun? Ini nih...

1. Ada 29 provinsi di Indonesia yang punya kerajinan tenun khas masing-masing dengan keunikan yang berbeda-beda. Keunikan kain tenun Indonesia meliputi makna, filosofi, nilai sejarah, teknik, motif, dan warna. Ada ratusan jenis tenun yang biasanya jadi lambang keunikan dari daerah penghasilnya. Masing-masing punya karakter sebagai pencerminan jati diri bangsa Indonesia yang plural dan sangat Indonesia, yakni: Bhinneka Tunggal Ika. Kayak tenun suku Asmat ini.

image: www.caftanyasmine.blogspot.com

2. Kain tenun pernah diusulin jadi warisan budaya Indonesia ke UNESCO dan nggak diusulin pun kain tenun harusnya tetap jadi warisan budaya Indonesia yang mesti kita jaga dan lestarikan. Boleh banget berbangga dengan pakai pakaian berbahan tenun Indonesia, lho. Mengingat filosofi dan makna dari setiap kain, serta pembuatannya yang nggak mudah. Handmade pula!

image: http://www.radarcirebon.com/

3. Masih banyak pandangan orang terhadap kain tenun yang kesannya “berat” dan identik dengan acara adat dan D! kurang setuju nih. Kain tenun bisa banget diaplikasikan sebagai fashion yang bisa dipakai kapan aja dan di acara apapun, formal maupun santai.

image: http://images.detik.com/

4. Beberapa daerah penghasil tenun pada zaman dulu ngewajibin perempuan harus pandai menenun sebelum menikah. Hal ini karena menenun merupakan pekerjaan utama perempuan selain mengurusi rumah tangga. Hasil tenunan bisa dijadiin pakaian atau bisa juga dijual. Dengan cara tersebut, kerajinan menenun juga nggak cepat punah karena selalu ada generasi penerus. Tapi kalau kenyataannya, cuma segelintir orang yang bisa nenun dan itupun yang udah berusia lanjut. Sayang ya...

image: http://getlostmagz.com/

5. Zaman dulu, makin banyak tenun yang dimiliki dan makin banyak varian motifnya, dianggap semakin kaya orang tersebut. Seorang bisa dibilang kaya dan terhormat kalau punya banyak tenun. Karena proses pembuatannya yang lama dan tergolong mahal, maka nggak semua orang bisa punya kain tenun, cuma orang-orang tertentu aja.

image: http://1.bp.blogspot.com/

6. Ada sekumpulan perempuan Indonesia pecinta, pemerhati, dan pakar tenun yang berikrar bersama ngebentuk Cita Tenun Indonesia atau CTI. Perkumpulan ini berhasil ngeraih penghargaan Fashion 4 Development (F4D) Woman’s Champion Award 2012 atas kesuksesan Program Pemberdayaan Masyarakat Pengrajin Tenun di New York, Amerika Serikat, 25 September 2012 lalu. Nah, buat Pop Patriotics yang mau gabung, bisa juga lho. CTI ini ada di Jalan Tirtayasa III, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

image: http://www.pacificplace.co.id/

7. Desainer mancanegara pun sangat berminat pada tenun Indonesia. Buktinya, dua rumah mode internasional, Gucci dan Burberry pernah ngeluarin koleksi menggunakan tenun Indonesia. Dalam #FashionWeek Spring 2010 lalu, Frida Giannini yang kala itu menjabat sebagai creative director Gucci mengeluarkan koleksi cocktail dengan tema Tribal yang menggunakan tenun Ikat. Sedangkan Burberry mengeluarkan koleksi memadukan kain tenun Ikat pada koleksi Spring 2012.

image: https://magnalights.files.wordpress.com


Nah Guys itu tadi fakta-fakta menarik seputar kain tenun Indonesia. Setuju dong, kalau tenun juga layak dijadikan warisan budaya? Yuk, cintai, pakai, dan lestarikan!



COMMENT


Ini Lho 8 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia! ❮ Prev Article
Nggak Sembarang Gundul, Ini Lho Makna Lagu Gundul Gundul Pacul Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Black Medium...
IDR IDR 30.000
Sticker Sign Damn! Green ...
IDR IDR 35.000
Damn! Signature Black Jap...
IDR IDR 230.000
Sticker Signature Purple
IDR IDR 35.000