damniloveindonesia
damniloveindonesia
Guys, Bahasa Indonesia Dipakai Sampai Luar Angkasa Lho!
22 Sep 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Bahasa Indonesia udah jelas merupakan bahasa resmi negara kita tercinta, Indonesia. Tapi Pop Patriotics tau nggak, kalau bahasa yang kita pakai sehari-hari ini juga dipelajari bahkan digunakan sebagai percakapan sehari-hari sama negara lain. Bahasa ibu kita ini ternyata udah mendunia dan jadi bahasa resmi Asean pula. Mau tau apa lagi keunikan bahasa kita? Ini diaaa...

image: https://giftsinopenhands.files.wordpress.com

1. Bahasa Indonesia Dipelajari Oleh Lebih Dari 45 Negara di Dunia

Minat orang asing belajar bahasa Indonesia bisa dibilang cukup tinggi. Menurut Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi, hingga saat ini ada 45 negara yang ngajarin bahasa Indonesia di wilayahnya, kayak Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan masih banyak lagi. Bahkan bahasa Indonesia jadi bahasa populer ke-empat dan ada 500 sekolah di Australia yang jadiin bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran. So, nggak heran kalau banyak anak-anak kelas 6 SD di Australia yang udah jago berbahasa Indonesia.

image: http://1.bp.blogspot.com/

2. Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam dan Bahasa Sehari-Hari di Timor Leste

Pada Desember 2007, Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan bahasa Indonesia jadi bahasa resmi kedua. Atas kebijakan ini, beberapa kampus di Vietnam seperti Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC, dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka program studi Bahasa Indonesia. Sedangkan di Timor Leste, dahulu Timor Leste ‘kan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meski udah misahin diri dari Indonesia, penduduk Timor Leste masih sering banget pakai bahasa Indonesia. Baik di sekolah maupun buat transaksi di pasar.

image: http://www.adventureworld.com.au/

3. Bahasa Indonesia Adalah Bahasa Ke-Tiga yang Paling Banyak Digunakan di WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi open source yang cukup populer, biasa dipakai buat mesin blog atau blog engine. Bahasa Indonesia jadi bahasa ketiga yang paling banyak digunain setelah bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. Indonesia jadi negara dengan pertumbuhan pengguna WordPress terpesat ke-dua, terhitung udah lebih dari 100juta kunjungan dari 40 kota berbeda.

image: https://cdn.techinasia.com

4. Wikipedia Bahasa Indonesia Jadi Peringkat ke-26 Dunia dan Terbesar Ketiga di Asia

Udah pada tau dong, WikipediaYup, menulis ensiklopedia bebas di internet makin disukai masyarakat Indonesia. Nggak terkecuali ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, yang jadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin.

image: http://image.slidesharecdn.com/

5. Perwira Kamboja Harus Bisa Berbahasa Indonesia

Percaya atau nggak, fakta bahwa calon perwira Kamboja wajib bisa berbahasa Indonesia emang benar adanya. Hal ini karena rata-rata buku panduan dan taktik perang yang dipakai di Kamboja adalah buatan perwira militer Indonesia.

image: subzpsubzp.blogspot.com

6. Bahasa dan Musik Indonesia Diperdengarkan ke Luar Angkasa

Pada tahun 1977, NASA ngirim sebuah piringan emas yang namanya Piringan Emas Voyager bersama pesawat luar angkasa tanpa awak ke luar angkasa. Nah isi dari piringan tersebut adalah 115 gambar sekaligus rekaman suara-suara alam, kayak suara petir, angin, ombak, dan suara binatang seperti kicauan burung dan suara ikan paus. Di dalam rekaman itu juga ada rekaman musik dan budaya dari berbagai negara dan ucapan salam dari 55 bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia.

image: https://upload.wikimedia.org


Wah... Unik banget ya bahasa kita!



COMMENT


Nggak Sembarang Gundul, Ini Lho Makna Lagu Gundul Gundul Pacul ❮ Prev Article
Menuju Gerbang Keabadian Tana Toraja Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Sign White HD Black ...
IDR IDR 220.000
Sticker Signature Holo Pi...
IDR IDR 35.000
Sticker Sign Damn! Gold L...
IDR IDR 35.000
Hoodie Damn! Signature Ma...
IDR IDR 349.000