damniloveindonesia
damniloveindonesia
Orang Indonesia dan Kebiasaan Belum Lima Menit
27 Sep 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

*lagi makan kue nastar kesukaan, kemudian jatuh satu dari genggaman*

*tengok kanan-kiri, nggak ada orang, pungut, bilang “belum lima menit,” masukkin mulut deh*

image: https://aws-dist.brta.in

Nah ini salah satu kebiasaan orang Indonesia. Ngakuuu... Pop Patriotics pernah nggak pakai kekuatan “belum lima menit” pas makanannya jatuh? Kalau pernah, sama dong kita! Hehehe... Nah, nggak usah malu atau khawatir! Karena D! yakin semua orang pernah ngelakuin hal yang sama. Bahkan nggak cuma di Indonesia. Daaan kabar gembiranya, seperti dikutip dari forbes.com, sebuah studi di Aston University, Inggris menyatakan bahwa aturan “belum lima menit” ini ada benernya juga, lho! Inti dari penelitian itu adalah, nggak apa-apa ngambil makanan yang udah jatuh asal nggak lama-lama banget. Fiuhhh...

image: http://assets.tabloid-nakita.com/

Tapi nggak semua jenis makanan aman dikonsumsi sehabis jatuh. Kalau menurut Anthony Hilton, peneliti di Aston University, seperti D! kutip dari feed.merdeka.com, makanan yang jatuh cuma beberapa detik lebih dikit bakterinya dibanding yang lebih lama jatuh. Di makanan yang jatuhnya sekitar 3-30 detik punya bakteri sampai sepuluh kali lipat. Kalau di studi Journal of Applied Microbiology, para peneliti nemuin makanan yang udah nyentuh lantai selama lima menit bisa mengandung 150 hingga 8.000 tipe bakteri. Hiiii...

image: http://us.images.detik.com/

Nah, makanan semacam biskuit atau chips yang kering malah nggak bikin bakteri nempel di permukaannya, jadi nggak gitu banyak bakteri deh yang nempel. Kalau makanan basah justru lebih “mengundang” banyak kuman, bisa sampai 20% dalam waktu singkat. Jenis makanan ini biasanya kayak permen atau pasta.

image: http://us.images.detik.com/

Tambahan informasi lagi nih, Guys. Pernah denger dong kalimat “keyboard komputer lebih jorok daripada dudukan toilet,” ? Peneliti dari Inggris lho yang nemuin fakta ini. Makanya, kalau jatuh ke lantai mungkin masih bisa Pop Patriotics makan. Tapi kalau jatuhnya di keyboard, D! saranin let it go aja ya. Makanya, jangan makan di depan laptop atau komputer kalau nggak mau buang-buang makanan. Hehehe...

image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/


Nah itu tadi fakta-fakta seputar kalimat "belum lima menit". Masih mau nggak, Guys, ambil makanan yang jatuh, tiup-tiup dikit terus dimakan? Hihihi...



COMMENT


Belajar Keep Moving Forward Dari Permainan Egrang ❮ Prev Article
Julukan-Julukan Dunia Buat Indonesia Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Damn! Red Ho...
IDR IDR 30.000
Tee Male Patriotic Rebel ...
IDR IDR 240.000
Polo Female Merdeka Black...
IDR IDR 279.000
Tee Signature Japan Off W...
IDR IDR 230.000