streatwear indonesia

Julukan-Julukan Dunia Buat Indonesia

29 Sep 2016

 

"Sungguh indah tanah air beta, tiada bandingnya di dunia...

Karya indah Tuhan Maha Kuasa, bagi bangsa yang memujanya..."

D! setuju banget nget nget sama lirik lagu ciptaan Ismail Marzuki ini. Negara kita, Indonesia, emang begitu indah sampai diberi banyak julukan sama dunia. Berikut 8 julukan yang diberikan dunia buat Indonesia tercinta :

image: i.cdn.turner.com

1. Negara Seribu Candi
Indonesia punya banyak banget candi, yes? Nah awalnya julukan ini dikasih buat Indonesia dari dinobatinnya Candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia.
 
image: rahadiona.blogspot.com
2. Paru-Paru Dunia
Julukan ini dikasih buat Indonesia karena hutan di Pulau Kalimantan dianggep sebagai hutan tropis yang perlu dilindungi dan tau nggak sih, Guys, kalau hutan di Kalimantan ini merupakan hutan terbesar kedua di dunia setelah Amazonia di Brazil yang fungsinya sebagai organ pernafasan bumi, lho!
image: https://haidarastgreen.files.wordpress.com
3. Negara Agraris
Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena lahan pertaniannya yang luas dan sebagian besar penduduk Indonesia punya pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Makanya sangat disayangkan banget kalau Indonesia masih impor beras. Ehem.
image: hajingfai.blogspot.com
4. Zamrud Khatulistiwa
Ini pasti udah sering denger, dong? Julukan ini dikasih buat negara kita karena letak geografis yang dilintasi garis khatulistiwa. Selain itu, alam hijau yang terbentang bagaikan zamrud juga mendorong munculnya julukan ini.
image: https://donetsetyoaji.files.wordpress.com
5. Negara Seribu Pulau
Selain punya seribu candi, Indonesia juga jadi negara kepulauan terbesar di dunia. Baik pulau besar maupun pulau kecil-kecil. Tapi sayang, pulau-pulau ini kayaknya belum dikelola dengan baik. Buktinya, masih banyak oknum-oknum yang mengklaim pulau di Indonesia jadi milik negara lain. Hiks...
image: https://upload.wikimedia.org
6. Negara Maritim
“Nenek moyangku seorang pelaut...” Yup thats right! Lagu tersebut bukan sekedar nyanyian, lho. Julukan ini mengacu pada wilayah perairan Indonesia yang luaaaaaas banget. Lebih luas dari daratan malah. Sampai-sampai banyak tuh kapal asing yang nongkrong nyuri ikan di wilayah laut kita. Oooopss...
image: ceriamerahoke.blogspot.com
7. Heaven on Earth
Nahhh coba baca artikel kita tentang Toraja, ya hehehe. Banyak negara di dunia yang takjub sama kekayaan alam Indonesia yang subur dan hasil bumi yang melimpah ruah, nggak ketinggalan, hamparan alam yang menyejukkan mata. Coba ke Raja Ampat, kurang surga dunia apa lagi?
image: https://i.ytimg.com
8. Negara Nyiur
Negara Indonesia ini, Guys, merupakan salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia dan banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa atau nyiur. Banyaknya pohon nyiur inilah yang bikin Indonesia dijuluki negara nyiur. Inget, nyiur boleh, nyinyir jangan. Krik krik...
image: https://img.bestofinsta.org

Nah itu tadi julukan-julukan dunia buat Indonesia. Keren-keren ‘kan? Kalau D! sih suka yang nomor... Hmmm... Semua! Kalau Pop Patriotics?


Diolah dari berbagai sumber
SHARE & COMMENT
Anonymous - Tue, 09 Apr 2019 Siip banget

Anonymous - Fri, 19 May 2017 Bermanfaat yaa selalu berkarya