Warning: getimagesize(https://damniloveindonesia.com/image/catalog/globalUpload/pevita_batik_resize.jpg): failed to open stream: Redirection limit reached, aborting in C:\Inetpub\vhosts\damniloveindonesia.com\httpdocs\catalog\view\theme\default\template\common\header.tpl on line 311
streatwear indonesia

10 Fakta Batik Yang Menarik

04 Oct 2016

 

Sejak ditetapkannya batik jadi warisan budaya yang harus dilestariin sama UNESCO, batik jadi populer dan mendunia. Kalau dulu batik dipakai buat ke kondangan doang, sekarang hampir semua perkantoran di Indonesia menerapkan peraturan pakai batik setiap hari Jumat. Nggak cuma itu, batik juga udah jadi pakaian ready-to-wear yang digandrungi generasi kekinian.

image: http://www.wowkeren.com/
Nah, sebagai bangsa Indonesia yang mewarisi batik, nggak ada salahnya kok mencintai warisan budaya satu ini. Tapi alangkah baiknya kalau kita juga tau fakta-fakta batik yang nggak kalah menarik dari motifnya.
image: http://a.blogsaya.com/

1. Kata Batik asalnya dari bahasa Jawa, yaitu amba yang artinya menulis dan nitik.
2. Batik Indonesia pertama kali dikenalin kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang waktu itu pakai batik buat Konferensi PBB.
image: http://kebudayaanindonesia.net/
3. Zaman dulu, perempuan-perempuan Jawa memakai keterampilan membatik ini buat jadi mata pencaharian. Bisa dibilang, pekerjaan membatik ini tergolong eksklusif sampai ditemuinnya “Batik Cap” yang memungkinkan kaum laki-laki bisa membatik juga. Corak batik “Mega Mendung” merupakan salah satu motif batik yang dikerjakan kaum laki-laki.
4. Tradisi membatik awalnya adalah tradisi turun temurun, sehingga terkadang satu motif dikenali karena berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik bisa nunjukkin status seseorang juga, lho. Bahkan sampai sekarang, beberapa motif batik tradisional cuma dipake sama keluarga Keraton Yogyakarta dan Surakarta.
5. Perlu waktu tiga tahun buat Indonesia dalam dapetin pengakuan terhadap budaya batik milik Indonesia setelah enam negara perwakilan UNESCO ngelakuin pengajuan dan verifikasi.
6. Markis Kido-Hendra Setiawan dapet gelar juara dan meraih medali emas bulutangkis ganda putra di ASEAN Games XVI 2010 dengan pakai baju motif batik.
image: https://just4yourself.files.wordpress.com
7. Dulu kain batik berfungsi untuk penutup betis perempuan Jawa.
8. Batik Tulis adalah teknik membatik di atas kain dengan tekstur dan corak menggunakan tangan. Pembuatan batik ini memerlukan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
9. Kalau Batik Cap adalah teknik membatik di atas kain dengan tekstur dan corak yang dibentuk pakai cap dan biasanya terbuat dari tembaga. Pembuatan batik ini memerlukan waktu 2-3 hari.
10. Dulu, pas menyambut nominasi batik jadi warisan budaya dunia sama UNESCO, pada hari Jumat, 2 Oktober 2009 silam, yang pakai batik bisa masuk gratis ke Ragunan dan Ancol.

Itu tadi sepuluh fakta menarik seputar batik. Masih banyak sih sebenernyaaa... Yang tau bisa komen di Damn! ya!


Diolah dari berbagai sumber
SHARE & COMMENT
Anonymous - Wed, 11 Oct 2017 meluruskan sedikit Etimologi batik dari kata "amba" dan "nitik". Kata "amba /ombo" dalam artikel di atas bermakna luas/lebar bukan menulis. nitik sendiri berarti memberi titik/tanda. secara lebih jelas kurang lebih menulis(nitik) di media (kain) yang luas {amba).