damniloveindonesia
damniloveindonesia
Warning: getimagesize(./image/catalog/globalUpload/agnes_opening_resize.jpg): failed to open stream: No such file or directory in C:\Inetpub\vhosts\damniloveindonesia.com\httpdocs\catalog\view\theme\default\template\pages\inc_explore_detail.tpl on line 179
Perpaduan Manusia Dengan Alam, Pakaian Adat Suku Asmat
20 Oct 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Ada satu hal yang unik dari penduduk asli Suku Asmat ini: mereka merasa dirinya merupakan bagian dari alam, dimana mereka sangat hormat dan ngejaga alam sekitar. Bahkan pohon disekitar tempat hidup mereka dianggap jadi gambaran diri. Batang pohon menggambarkan tangan, buah menggambarkan kepala, dan akar menggambarkan kaki.

image: http://www.indonesiakaya.com

Pasti Pop Patriotics udah pada tau dong, kalau Suku Asmat ini terkenal banget sama hasil kerajinan tangannya? Yup, ukiran kayu dari Suku Asmat emang nggak perlu diraguin lagi kualitas dan nilai seninya yang tinggi. Nah, selain hasil ukiran kayu tradisionalnya yang terkenal, Suku Asmat juga punya pakaian tradisional yang nggak kalah khas. Lho, bukannya kalau pakaian adat kayaknya semua suku punya? Iya sih... Tapi yang bikin beda dan unik adalah seluruh bahan buat pakaian adat berasal dari alam. Jadi pakaian Suku Asmat ini sekaligus representasi kedekatan mereka sama alam raya.

Nggak cuma bahan, desain pakaian adat ini pun terinspirasi dari alam. Misalnya, pakaian laki-laki Suku Asmat dibuat menyerupai burung dan binatang lain buat melambangkan kejantanan. Sedangkan rok dan penutup dada kaum perempuan pakai daun sagu jadi mirip kecantikan burung kasuari.

image: https://scontent.cdninstagram.com

Kalau diliat secara umum, pakaian laki-laki dan perempuan Suku Asmat nggak terlalu beda. Bagian kepala dipakein penutup yang terbuat dari rajutan daun sagu dan di bagian atas dipenuhi bulu burung kasuari. Bagian bawah dan bagian dada (untuk perempuan) berupa rumbai-rumbai yang dibuat pakai daun sagu.

Rasanya berpakaian kurang lengkap kalau nggak pakai aksesori, ya… Nah, Suku Asmat juga memakai alam untuk urusan satu ini. Aksesori yang biasa dijadiin pelengkap tradisional Suku Asmat ialah aksesori telinga, hidung, kalung, gelang, dan tas. Hiasan telinga dibikin dari bulu burung kasuari, tapi bulu yang dipakai buat telinga ukurannya lebih pendek dibanding bulu buat penutup kepala.

image: https://ripkalamkudus.files.wordpress.com

Kalau hiasan hidung biasanya cuma dipakai sama laki-laki. Hiasan ini terbuat dari taring babi atau batang pohon sagu. Fungsi hiasan hidung ini antara lain sebagai simbol kejantanan dan buat nakutin musuh, lho. Sementara, aksesori kalung dan gelang dibuat dari kulit kerang, gigi anjing, dan bulu cendrawasih.

image: http://www.anneahira.com/

Ada satu aksesori yang penting buat masyarakat Suku Asmat, yaitu esse atau tas. Nggak cuma berfungsi sebagai wadah penyimpan ikan, kayu bakar, serta berbagai hasil ladang, esse juga dipakai pas ada upacara-upacara besar. Orang yang bawa esse pas dateng ke upacara adat dianggep orang yang mampu menjamin kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam berbagai upacara adat, masyarakat Suku Asmat biasanya melengkapi penampilan mereka dengan gambar-gambar di tubuh. Gambar yang didominasi warna merah dan putih ini konon merupakan lambang perjuangan buat terus mengarungi kehidupan. Warna merah yang dipakai asalnya dari campuran tanah liat dan air, kalau warna putih berasal dari tumbukan kerang.

image: http://www.anneahira.com


Seiring pengaruh modernisasi dan budaya dari luar, sebagian masyarakat Suku Asmat mulai ninggalin pakaian tradisional mereka. Cuma masyarakat Suku Asmat yang tinggal di pedalaman yang masih pakai pakaian tradisional tersebut.




Diolah dari berbagai sumber



COMMENT


Daripada Jadi Follower, Mending Jadi Trendsetter! ❮ Prev Article
Tips Buat Pop Patriotics Biar Nggak Stress Di Akhir Pekan Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Sign White HD Black ...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Damn! White ...
IDR IDR 15.000
Damn! Signature Junior Ko...
IDR IDR 230.000
Tee SS Raglan Line Sign J...
IDR IDR 275.000