streatwear indonesia

Kenapa Jakarta Yang Jadi Ibukota Indonesia

24 Oct 2016

 

Pop Patriotics pasti tau kalau hampir semua media massa nasional lagi seru banget beritain soal PILKADA DKI Jakarta, dimana semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur lagi hot-hotnya merebut hati warga Jakarta buat tahun 2017 mendatang. Tapi kenapa sih heboh banget nih PILKADA DKI? Menurut D! malah udah kayak mau pemilu presiden aja... Mungkin karena Jakarta adalah ibukota Indonesia kali yaaa... Eits, tapi D! nggak mau bahas Pilkada ah, it's too mainstream. D! jadi kepikiran: “Hmm... Kenapa ya heboh banget ini Pilkada Jakarta? Apa karena Jakarta adalah ibukota? Tapi kenapa Jakarta yang jadi ibukota Indonesia ya? Hmmmmmmm...”

image: http://merahputih.com/

Baiklah. D! mau bahas sejarah kenapa sih Jakarta yang terpilih jadi ibukota negara kita tercinta, Indonesia. Jadi dulu Jakarta dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum tahun 1527). Kemudian Jayakarta di era 1527-1619. Terus Batavia atau Batauia atau Jaccatra di tahun 1619 sampai 1942. Jadi Jakarta Tokubetsu Shi di tahun 1942 sampai 1945. Kemudian Djakarta dari tahun 1945 sampai 1972.

image: http://www.sofyanpotret.com/

Jakarta merupakan kota pelabuhan yang sebelumnya bernama Sunda Kelapa. Tapi pas tanggal 22 Juni 1527, Pangeran Fatahillah ngancurin Sunda Kelapa dan sebagai gantinya, ia mendirikan kota Jayakarta di area itu. Tanggal inilah yang ditetapin jadi tanggal berdirinya kota Jakarta. Jayakarta di awal abad ke-17 diperintah sama Pangeran Jayakarta yang adalah salah satu kerabat Kesultanan Banten. Di tahun 1619, Jayakarta diduduki oleh Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC yang dipimpin orang Belanda, Jan Pieterszoon Coen yang berhasil ngalahin pasukan Kesultanan Banten dan kemudian mengubah namanya jadi Batavia.

image: https://upload.wikimedia.org

Dipimpin sama orang Belanda, Batavia pun dibangun nyaris mirip sama kayak kota-kota yang ada di Belanda, dibangun dalam bentuk blok, masing-masing dipisahin sama kanal dan terlindung dari dinding sebagai benteng dan parit. Batavia kemudian kelar dibangun di tahun 1650. Batavia tua jadi tempat tinggal bangsa Eropa, sementara bangsa Tiongkok, Jawa, dan penduduk asli lainnya disingkirin ke tempat lain.

image: http://uniqpost.com/

Perang Dunia II bikin sekutu Belanda lemah dan jatuhlah Batavia ke tangan Jepang, yang kemudian ngubah nama Batavia jadi Djakarta. Sampai akhirnya sekutu Jepang kalah dalam Perang Dunia II tersebut dan terjadilah kekosongan kekuasaan. Nah karena segala pusat pemerintahan sebelumnya, pas masa kedudukan Belanda dan Jepang pusatnya di Jakarta, akhirnya pas tanggal 17 Agustus 1945 Presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta.

image: https://upload.wikimedia.org

Tapi tau nggak Pop Patriotics, kalau di tahun 1946 tepatnya tanggal 4 Januari, ibukota Indonesia sempat pindah ke Jogjakarta selama kurang lebih dua tahun karena kondisi Jakarta yang kala itu lagi nggak kondusif akibat berbagai peristiwa paska kemerdekaan. Tapi abis itu, ibukotanya balik lagi ke Jakarta. Nama Jakarta dianggep sebagai kependekan dari kata Jayakarta, yang dikasih sama orang-orang Demak dan Cirebon dibawah pimpinan Fatahillah atau Faletehan setelah nyerang dan menduduki pelabuhan Sunda Kelapa pada tanggal 22 Juni 1527. Nama ini diterjemahin jadi “kota kemenangan” atau “kota kejayaan”, namun sejatinya, nama ini berarti “kemenangan yang diraih oleh sebuah perbuatan atau usaha”.

image: https://upload.wikimedia.org

Kalau di dunia internasional, Jakarta punya julukan juga lho. Julukannya adalah J-Town atau mungkin buat Pop Patriotics yang belum pernah denger, Jakarta juga dijuluki The Big Durian karena dianggep sebagai kota yang sebanding sama New York City atau Big Apple di Indonesia.

Tuh Pop Patriotics, mungkin banyak yang bilang “Jakarta itu keras, sob!”. Iya iya D! tau dan merasakannya sendiri. Tapi kalau menilik sejarahnya, kita sebagai penduduk yang tinggal di Jakarta, jadi lebih semangat nggak sih, pas udah tau artinya? “Kemenangan yang diraih oleh sebuah perbuatan atau usaha”. Instagrammable quotes banget 'kan? Kalau kita juga berusaha dengan baik, pasti Jakarta nggak keras-keras amat kok, Guys!

SHARE & COMMENT
Anonymous - Fri, 13 Jul 2018 Segera bergabung di HASHTAG OPTION, Platform Trading FOREX berbasis di Indonesia. PILIHAN TRADER #1 - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin. - Sistem Edukasi Professional - Trading di peralatan apa pun - Ada banyak alat analisis - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT Jika anda bingung mencari broker yang aman dan tercepat, anda bisa bergabung bersama kami. Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light. Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover...... Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!