streatwear indonesia

Indonesia Punya Variasi Sajian Mie Terbanyak di Dunia, Sluuurrrp!

09 Nov 2016

 

Makanan dari olahan tepung ini merupakan salah satu makanan tradisional tertua di dunia, nggak terkecuali di Indonesia. Bahkan, mie dipercaya jadi santapan milyaran orang di dunia setelah ditemuin di Tiongkok. Sama kayak di Indonesia. Sajian mie bisa ditemuin dimana-mana. Dari yang ada di fine dining restaurant sampai mie ayam pinggir jalan yang enaknya kebangetan! Dan, Indonesia juga terkenal sebagai produsen mie instan tingkat dunia dan yang nggak kalah istimewa, Indonesia punya varian mie terbanyak di dunia!

Image: http://3.bp.blogspot.com/

Kalau katanya Chef Edwin Lauw, seperti yang dikutip dari CNNIndonesia, mie Nusantara itu spesial dan kreasi mie di Indonesia paling beragam dari bangsa non Tiongkok lainnya. Edwin juga bilang kalau dari seluruh negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, bahkan sampai ke Jepang dan Korea, variasi mie Indonesia jauh lebih banyak.

Image: http://www.rumahmesin.com/

“Negara kita memiliki budaya yang sangat beragam, sehingga setiap kebudayaan memiliki kreasi mie mereka sendiri-sendiri,” kata Edwin.

Image: http://www.loveindonesia.com/

Menurut Edwin lagi, yang bikin mie kita spesial adalah cita rasanya yang berani dan kuat, dan harganya yang mayoritas lebih murah kalau dibanding sama negara lain. Hal itu juga yang mendorong pertumbuhan industri mie di Indonesia sangat pesat.

Image: https://alidesta.files.wordpress.com

Banyaknya varian mie ini juga nggak lepas dari keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Varian mie ini aja udah bisa digolongin berdasarkan asal daerah dan cara masaknya. Ada mie Aceh, mie Bangka, mie Jawa, mie celor Palembang, mie kocok Bandung. Ada yang digoreng, digoreng nyemek, kering, kuah, kuahnya pisah, dibakar, di masak pakai arang, di bakar, pakai pangsit, pakai bakso, pakai ceker, dan masih banyak lagi!

Image: http://4.bp.blogspot.com/

Mie di berbagai tradisi juga dilambangkan sebagai makanan panjang umur, maka nggak heran muncul lagi Mie Ulang Tahun atau Mie Panjang Umur yang diadaptasi dari tradisi Tiongkok, dimana mie melambangkan kesuksesan, kemakmuran, dan bentuknya yang panjang melambangkan umur yang panjang.

Image: http://117.102.249.127/

Nah kalau Pop Patriotics, dari segitu banyaknya varian mie yang ada di Indonesia, paling suka mie apa sih? Share ke kita, ya!

SHARE & COMMENT