streatwear indonesia

Kenapa Sih Disebut Pedagang Kaki Lima?

11 Nov 2016

 

Pedagang kaki lima atau biasa disebut PKL itu merupakan istilah buat para penjaja dagangan yang melakukan transaksi jual beli di atas daerah milik jalan kayak trotoar yang seharusnya, seharusnya nih... Diperuntukkan buat pejalan kaki atau pedestrian.

Nah, kenapa disebut pedagang kaki lima sih? Emang kakinya ada lima? Penasaran nggak Pop Patriotics? Nih asal usulnya...

Image: https://highnews1.files.wordpress.com

Istilah “kaki lima” ini udah lamaaaaaa banget ada di Indonesia. Jadi, munculnya pedagang kaki lima ini berawal dari zaman penjajahan kolonial Belanda pas pemerintahan Gubernur Thomas Stamford Raffles (1811-1816). Kala itu, pemerintah punya aturan yang mengharuskan setiap jalan raya punya area buat para pejalan kaki, yang kita sebut trotoar sekarang. Nah, lebar ruas atau area buat pejalan kaki adalah lima kaki atau dalam bahasa Inggrisnya 5 feet atau 1,5 meter.

Image: https://phesolo.files.wordpress.com

Kemudian, ruas jalan tersebut malah jadi tempat yang sering jadi tempat singgah para pedagang buat istirahat. Mereka istirahat sambil nunggu kalau-kalau ada yang mau beli dagangan mereka. Nah, dari situ, banyak juga yang dateng dan beli dagangan mereka di trotoar tersebut. Jadi deh para pedagang yang tadinya istirahat itu jadi jualan dan disebut pedagang kaki lima.

Image: http://i.ceriwis.net/

Lho, kenapa kaki lima bukan lima kaki? ‘Kan kalau yang bener five feet itu lima kaki. Jadi begini, dulu itu sekitar tahun 1967, istilah five foot mengalami kesalahan penerjemahan ke dalam bahasa Melayu. Five-foot ‘kan rujukannya ruas selebar lima kaki. Tapi kemudian five foot dianggep sebagai kata majemuk. Pas diterjemahin ke bahasa Melayu, orang-orang ngebalikin hukum menerangkan-diterangkan. Sedangkan di bahasa Inggris, jadi hukum diterangkan-menerangkan. So, terjemahannya jadi kaki lima, bukan lima kaki.

Image: http://www.proklamator.com/

Begitulah asal usul pedagang yang jualannya di ruas jalan selebar lima kaki disebut pedagang kaki lima. Barang yang dijual juga macem-macem, mulai dari makanan minuman, mainan anak, aksesori, obat-obatan, sampai pakaian. Gimana menurut kalian soal pedagang kaki lima ini, Guys? Membantu atau malah mengganggu pejalan kaki sih? Share pendapat kalian ya!

Image: http://assets.kompasiana.com/

SHARE & COMMENT