streatwear indonesia

Selamat Ulang Tahun, Pak Raden!

28 Nov 2016

 

Yup! Google Indonesia hari ini ikutan ngerayain ulang tahun Drs Suyadi yang nggak lain dan nggak bukan adalah pencipta boneka Si Unyil dan serialnya atau yang mungkin Pop Patriotics kenal sebagai Pak Raden. Meski beliau udah berpulang tanggal 30 Oktober 2015 lalu, kenangan kita akan Pak Raden dan Si Unyil nggak bakal pernah hilang.

Image: http://merahputih.com/

Selain ada Pak Raden dan Si Unyil, ada juga Pak Ogah dan Meilani. Duh, jadi kangen ya nonton Unyil! Yang bikin lebih kangen lagi, sosok Pak Raden atau Suyadi disematkan di sebuah bingkai foto di tengah-tengah doodle.

Suyadi sekaligus pemeran Pak Raden lahir di Puger, Jember, 28 November 1932. Masih teringat jelas banget gimana duka yang menyelimuti layar kaca Tanah Air pas sosok Pak Raden ini dikabarkan meninggal.

Image: https://lucywiryono.files.wordpress.com

Gimana nggak satu Indonesia berduka? Suyadi bisa dibilang sebagai salah satu tokoh yang punya peran penting dalam pendidikan anak Indonesia. Suyadi pertama kali ngenalin Si Unyil di tahun 1980-an dan lulusan Seni Rupa ITB ini pengen stasiun TV lokal diisi acara yang mendidik, menghibur, dan sarat budaya Indonesia.

Image: http://elshinta.com

Si Unyil ini bercerita tentang kondisi sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Ada unsur-unsur di seri Si Unyil ini yang nggak bisa dipisahin sama budaya populer yang berkembang sampai sekarang, kayak munculnya kata-kata, “hompimpah alaiyum gambreng!” atau “cepek dulu dong,”-nya Pak Ogah. Selain karya fenomenal Si Unyil, Suyadi juga didaulat sama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI buat jadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SD.

Image: http://img.jakpost.net/

Walaupun raga Pak Raden udah nggak ada, tapi nama dan karyanya yang luar biasa bakal hidup dari zaman ke zaman dan nggak bakal tergantikan. Selamat ulang tahun, Pak Raden!

Image: http://i0.wp.com/

SHARE & COMMENT